Menjaga Diri dari Keburukan

  • Bagikan
Ruksamin (Bupati Konawe Utara)

--Hikmah Ramadan--

Ruksamin (Bupati Konawe Utara)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Puasa bulan suci Ramadan mengandung beragam manfaat, yang subtansi utamanya adalah menunaikan titah Allah SWT dan semata berharap Rida serta Rahmat Allah SWT. Puasa Ramadan bukan saja menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu, puasa menjadi momentum meningkatkan penjagaan diri dari segala bentuk keburukan. Baik yang dapat melemahkan fisik maupun batin.

Dalam kitab Maqashid Al-Shaum karya Izzuddin Abdul Aziz, menyebutkan puasa dapat melindungi tubuh dari berbagai ekspansi penyakit dan mendatangkan ketentraman serta kejernihan pikiran.

Menurut penelitian ilmiah, hadirnya penyakit dalam tubuh tak sedikit bersumber dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Termasuk lahir dari tekanan pikiran. Nah, melalui puasa berfungsi menormalkan serta menstabilkan semua perangkat anggota tubuh dengan baik. Imun menjadi kuat dan kebal.

Bulan suci Ramadan juga merupakan momentum merenungi segala kekhilafan yang dilakukan sepanjang 11 bulan. Penyakit hati seperti dengki, iri, sombong, angkuh, dan lain sejenisnya mesti ditanggalkan.

Melalui amal ibadah yang rutin dan fokus membersihkan hati, maka niscaya kebaikan-kebaikan akan menyertai. Kita hidup di dunia hanya sementara. Tak ada yang abadi. Segala bentuk kebanggaan duniawi akan sirna. Hanya amal ibadah yang setia menemani. (ali/b)

  • Bagikan