Melanjutkan Pengabdian, Andi Nirwana Sebbu Bidik Kursi Senayan

  • Bagikan
Andi Nirwana Sebbu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Andi Nirwana Sebbu (ANS), srikandi Sultra di parlemen Senayan (sebutan untuk kantor DPD/DPR/MPR RI) periode 2019-2024. Hampir lima tahun, ia berkarya untuk masyarakat Sultra. Dalam Pemilu 2024, Andi Nirwana Sebbu kembali membidik kursi di Senayan.

Ia memantapkan niat melanjutkan pengabdiannya, dan melantangkan suara rakyat Sultra di parlemen Senayan. Andi Nirwana memilih kanal kontestasi pemilihan anggota DPD RI di Pemilu 2024 sebagai bidang pengabdian.

Istri Tafdil, mantan Bupati Bombana itu bersiap terjun dalam palagan perebutan suara rakyat. Ia sudah menyerahkan syarat dukungan kepada KPU Sultra. Kini, syarat dukungan Andi Nirwana sedang diverivikasi oleh KPU. “Alhamdulillah verifikasi awal sudah selesai dan dinyatakan memenuhi syarat. In Sya Allah, dimudahkan tahap selanjutnya sampai pada tahap pencalonan anggota DPD RI,” ujarnya kepada Kendari Pos, melalui sambungan telepon dari Jakarta, Senin (16/1), kemarin.

Meski menyandang status sebagai incumben, wanita berhijab yang karib disapa ANS itu tak ingin jemawa. "Optimistis tentu. Dan In Sya Allah, segalanya dapat dimudahkan. Saya yakin dan percaya jika niat kita baik hasilnya juga akan baik,” imbuhnya.

Kendati fokus mempersiapkan diri tampil dikancah Pemilu 2024, ANS tetap menjalankan tugasnya sebagai anggota DPD RI periode 2019-2024 asal Dapil Sultra. ANS terus bekerja. Saat dihubungi Kendari Pos, kemarin, ANS sedang mengikuti rapat di DPD RI. ANS juga turun ke lapangan dan menyerap aspirasi masyarakat Sultra untuk digaungkan di gedung parlemen.

Diakui ANS, sebelumnya ia telah menyerahkan syarat dukungan ke KPU Sultra sebanyak 3.228 KTP dan telah dinyatakan memenuhi syarat. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran KPU Provinsi Sultra. Untaian ungkapan yang sama dipersembahkan ANS kepada masyarakat yang telah mendukungnya.

"Saya yakin dan percaya dengan tim Liaison Officer (LO) atau penghubung ANS yang bekerja dengan serius dan dukungan serta restu masyarakat Sultra akan mengantarkan saya kembali menjadi anggota DPD RI periode 2024-2029,” pungkas ANS.

Untuk diketahui, KPU Sultra memverifikasi administrasi bakal calon (Balon) DPD RI
sejak 30 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023. Proses rekapitulasi verifikasi administrasi dimulai 16 Januari 2023 (kemarin, red). Selanjutnya perbaikan syarat dukungan oleh masing-masing balon anggota DPD RI, mulai 16 sampai 22 Januari 2023.

Setelah itu, verifikasi administrasi perbaikan syarat dukungan tingkat satu, mulai 23 Januari hingga 1 Februari 2023. Hasilnya bakal disampaikan kepada balon anggota DPD RI yang memenuhi syarat. Nantinya, KPU Sultra akan menarik sampel untuk verifikasi faktual. Jadwal verifikasi faktual tingkat satu mulai 6 sampai 26 Februari 2023.

Sejauh ini, 28 balon anggota DPD RI Dapil Sultra yang menyerahkan dokumen syarat dukungan yang diunggah melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Salah satunya adalah
Andi Nirwana Sebbu. Dia tak sendiri. Ada nama populer lainnya seperti Abd Rasyid Syawal, Amirul Tamim, Wa Ode Hamsinah Bolu, Leni Andriani Surunuddin, Ratna Lada, Wa Ode Rabia Al Adawiah Ridwan, dan Dewa Putu Ardika Seputra. (idh/b)

  • Bagikan