Sehari, Produksi Sampah Capai 264,5 Ton

  • Bagikan
MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS SAMPAH : Tumpukan sampah di TPA Puuwatu Kendari, Rabu (26/10). Produksi sampah di Kota Kendari terus meningkat. Dalam empat bulan, volume sampah meningkat 64,5 ton setiap hari.

-Naik 64,5 Ton Dibanding Juni Lalu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Produksi sampah di Kota Kendari terus meningkat. Dalam empat bulan, volume sampah meningkat 64,5 ton setiap hari. Jika Juni lalu hanya sekitar 200 ton sehari, kini naik menjadi 264,5 ton.

Kabid Persampahan dan Limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan
(DLHK) Kota Kendari Adi Jaya Purnama mengatakan seiring dengan perkembangan kota, pertumbuhan penduduk di Kendari terus meningkat. Hal ini juga berdampak pada peningkatan produksi sampah.

"Rata-rata tiap harinya sekitar itu, berdasarkan timbunan sampah yang dijemput oleh petugas kami . Jadi tiap harinya berkisar 264.5 ton,”sebutnya kemarin.

Sampah yang diangkut kata dia, diambil dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Di Kendari, ada sebanyak 1.370 TPS. Jumlah itu belum termasuk TPS yang belum terdata. "Kalau yang tercatat resmi di dinas 1.370 TPS. Sementara yang belum resmi ada sekitar 183 TPS. Jadi. jumlah keseluruhannya 1.553 TPS," ujarnya.

Tidak hanya mengangkut sampah, pihaknya turut berusaha memberikan edukasi kepada masyarakat cara mengurangi produksi sampah. Banyak sampah yang bisa diolah menjadi pupuk organik dan lainnya.

"Setidaknya bisa meminimalisir adanya pembuangan sampah secara sembarangan. Kita selalu pastikan bahwa dalam 1x24 jam, semuat TPS resmi itu bisa bersih. Kalau pun ada itu sampah baru," tambahnya. (c/kam)

  • Bagikan