Ruksamin Berkibar di Kancah Nasional

  • Bagikan

--Raih Penghargaan Indonesia Awards 2022

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID---Prestasi kerja Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin tidak saja diakui di level lokal,namun hingga di kancah nasional. Bupati Ruksamin menorehkan prestasi gemilang. Ia dinobatkan sebagai kepala daerah yang berhasil mendorong pertumbuhan investasi, khususnya dalam mendukung pengembangan usaha mikro di Konawe Utara. Atas prestasi itu, Bupati Konut Ruksamin meraih penghargaan Indonesia Awards 2022.

Bupati Ruksamin menerima trofi Indonesia Awards 2022 di gedung Tower lNews, Jakarta, Rabu (26/10). Turut hadir dalam kegiatan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo.

Bupati Ruksamin mengatakan, eksistensi investasi di Konut terus tumbuh setiap tahunnya. Mendorong perputaran dan pertumbuhan ekonomi daerah. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga semakin berkembang pesat. Sehingga menjadikan ekonomi rakyat kian bergairah dari waktu ke waktu.

"Tentu penghargaan Indonesia Awards ini tidak hadir begitu saja. Ini merupakan buah dari kerja keras dan kekompakan seluruh stakeholder pemerintahan maupun masyarakat Konut," kata Bupati Ruksamin kepada Kendari Pos di Jakarta, Rabu (26/10), malam.

Melalui raihan penghargaan Indonesia Awards, Bupati Ruksamin bertekad akan terus mengabdi lebih luas bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Sehingga misi mewujudkan Konawe Utara sejahtera dan berdaya saing dapat terwujud.

"Saat ini UMKM di Konut berjumlah 3,512. Ini akan terus dirawat agar tetap eksis dan terus bertumbuh. Sehingga dapat mendongkarak sendi-sendi perekonomian rakyat dengan presentase yang lebih tinggi dari tahun ke tahun," beber Bupati Ruksamin.

Kepiawaian Bupati Konut dua periode itu memimpin Kabupaten Konut kian bersinar. Tidak hanya diakui lokal, namun juga diakui di kancah nasional. Kurun tiga bulan terakhir, sedikitnya Ruksamin meraih empat penghargaan.

7 Juli 2022, bertempat di Lapangan Merdeka Kota Medan, Sumatera Utara, Bupati Ruksamin menerima penghargaan Satya Lancana Wira Karya dari Presiden Joko Widodo.
Anugerah penghargaan tersebut tertuang dalam keputusan Presiden RI nomor 42 tentang tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Bupati Konut Ruksamin dinilai berperan aktif dalam menyukseskan program bangga kencana dan membangun sumber daya manusia berkualitas dengan integrasi kependudukan kebijakan population mainstreaming dari tahap perumusan, implementasi, evaluasi hingga monitoring centered mendasarkan people development.

14 Juli 2022, Bupati Ruksamin meraih penghargaan nasional dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) kategori "Penggerak Koperasi Terbaik". Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Dekopin Sri Untari dalam acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 di Prime Plaza Hotel Kota Denpasar, Bali.

Anugerah penghargaan tersebut buah dedikasi atau prestasi Ruksamin dalam pembinaan dan mengembangkan koperasi selama masa sulit di tengah pandemi Covid-19 sejak awal 2020 lalu. Dibawah kepemimpinan Ruksamin koperasi di Konawe Utara berjumlah 314 unit usaha dan 3.512 UMKM . Dibandingkan sebelum kepemimpinannya di tahun 2014, koperasi di kabupaten Konawe Utara hanya berjumlah 67 unit usaha

"Saat ini koperasi di Konut berjumlah 314 dan 3.512 UMKM yang tersebar di 13 kecamatan dan tahun 2014 hanya berjumlah 67 koperasi. Dari tahun ke tahun terus ada peningkatan usaha dari sektor koperasi dan UMKM, dengan adanya peningkatan yang signifikan kita berharap Koperasi dan UMKM di Konawe Utara bisa menjadi penyokong dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat sesuai fungsinya sebagai soko guru perekonomian," kata Bupati Ruksamin

Lalu, 4 Oktober 2022, Bupati Ruksamin meraih penghargaan sebagai tokoh inovatif pemerintahan dari Harian Kendari Pos. Terakhir, Rabu 26 Oktober 2022, Bupati Ruksamin
menerima penghargaan Indonesia Awards 2022 dari lNews TV.

Ketua DPW PBB Sultra itu mengatakan, akumulasi prestasi yang diraih merupakan hasil kerja seluruh stakeholder pemerintah daerah, dukungan dan doa dari masyarakat Konut. Tanpa hal itu, mustahil penghargaan besar berskala nasional dan lokal bisa diraihnya. Di satu sisi menggambarkan kerja-kerja yang dilaksanakan optimal selama ini memantik perhatian dan apresiasi pemerintah pusat.

"Semua prestasi penghargaan ini saya persembahkan bagi masyarakat Konawe Utara dan Sulawesi Tenggara pada umumnya. Semoga daerah kita kian maju dan rakyat kian sejahtera," kata Bupati Ruksamin. (ali/b)

  • Bagikan