Selasar Penghubung antar Gedung Mulai Dituntaskan

  • Bagikan
Pengerjaan Balai Kota Kendari telah tahap finishing. Rencananya, Pemkot Kendari akan menggelar soft launching tanggal 17 Agustus mendatang.


-Progres 95 Persen, Soft Launching 17 Agustus

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pembangunan Balai Kota Kendari terus dikebut. Apalagi soft launching proyek senilai Rp 250 miliar ini tinggal menghitung hari. Secara umum, pengerjaan tiga gedung utama telah masuk tahap finishing. Saat ini, pekerja mulai menuntaskan selasar penghubung antar gedung podium dan tower.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari Aswido mengatakan pengerjaan gedung telah mencapai 95 persen. Selain pemasangan kaca gedung, plumbing, penyelesaian lantai dan meubel, pekerja juga mulai menuntaskan selasar dan penghubung antar gedung.

"Insya Allah, bisa tuntas sesuai jadwal. Makanya, pengerjaannya kita genjot. Sesuai rencana, soft launching Balai Kota akan dilaksanakan bertepatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan tanggal 17 Agustus mendatang," kata Aswido kepada Kendari Pos, Selasa (9/8)

Balai Kota kata dia, meliputi tiga bangunan utama yakni gedung podium, gedung parkir dan tower. Bangunan ini tak hanya digunakan oleh pegawai, namun juga untuk pusat pelayanan. Apalagi pemerintah berencana membuka Mall Pelayanan Publik (MPP).

"MPP dedikasikan untuk masyarakat Kota Kendari. Agar masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal dari pemerintah. MPP sangat penting dalam rangka lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi konsep yang diusung dalam MPP ini adalah One Stop Service," jelasnya.

Meski soft launching 17 Agustus mendatang, kontrak pengerjaan Balai Kota masih tiga bulan. Sesuai kontrak, pengerjaan baru berakhir Oktober mendatang. Sejauh ini, pengerjaannya sudah tahap penyelesaian. Tinga beberapa pekerjaan arsitektur yang dituntaskan. Sementara gedung parkir dan podium sudah selesai

"Sudah tahap penyelesaian saja. Kami memastikan bisa dirampungkan tahun ini sebagaimana harapan pak Wali Kota dan masyarakat," pungkasnya. (b/win)

Mega Proyek Balai Kota
Total Anggaran Rp 250 Miliar
Masa Pengerjaan 2019-2022
Pembiayaan Multiyears
Miliki Tiga Bangunan Utama (Podium, Parkir dan Tower)
Ditargetkan Rampung Agustus
Progres Pengerjaan 95 Persen

Fokus Pengerjaan
-Pembangunan Selasar Penghubung antar Gedung
-Pemasangan Kaca
-Penyelesaian Lantai
-Pasangan Plumbing
-Peralatan kantor dan Meubel

Tahap I (2019) Gedung Utama (gedung podium) Rp 57 Miliar
Tahap II (2021) Perampungan Gedung dan Interior Rp 80 Miliar
Tahap III (2022) Pembangunan Tower Setinggi 9 Lantai Rp 133 Miliar

  • Bagikan