Sulkarnain Sukses Pertahankan Kategori Nindya

  • Bagikan
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan) menerima penghargaan KLA Kategori Nindya dari Menteri Bintang Puspayoga (kiri) di Bogor, kemarin.


-Forum Anak Kota Kendari Raih Penghargaan MenPPPA

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kerja keras Wali Kota Sulkarnain Kadir dalam menjadikan Kendari sebagai Kota Layak Anak (KLA) berbuah manis. Kemarin, ia menerima penghargaan KLA Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) . Penghargaan diserahkan langsung Menteri Bintang Puspayoga, di Bogor.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain menyambut baik penghargaan yang diberikan. Menurutnya, sukses meraih penghargaan KLA predikat nindya tak lepas dari kerja keras semua pihak mulai dari jajaran stakholder, intansi terkait, dan masyarakat yang sangat peduli dengan kehidupan anak di Kota Kendari.

"Ini (Penghargaan KLA Predikat Nindya) adalah prestasi kita bersama. Bukan prestasi satu orang. Ini prestasi masyarakat Kota Kendari," ungkap Sulkarnain Kendari, kemarin.

Lanjut dia, pihaknya terus berkomitmen menjadikan KLA sebagai salah satu fokus pembangunan. Bukan karena untuk meraih prestasi, melainkan karena mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) bahwa visi misi Kota Kendari yakni menjadikan Kendari sebagai Kota layak huni berbasis ekologi (lingkungan), informasi dan teknologi.

Dalam mewujudkan kota layak huni, pemerintah kota berupa mengakomodir hak anak dan menyediakan porsi bagi mereka. Hal tersebut sangat mendukung tercapainya kota layak huni dan kota layak anak. “Saya kira kesadaran akan tanggungjawab terhadap anak-anak kita ini sudah terinternalisasi dalam diri kita. Karena kita semua ini adalah orang tua,” kata Sulkarnain.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap, kedepan seluruh pihak bisa semakin aktif dan peduli terhadap anak dengan memberikan kesempatan yang luas dan pelibatannya dalam setiap program pembangunan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Gugus Tugas KLA Kota Kendari, Cornelius Padang mengungkapkan, sukses Pemkot Kendari meraih penghargaan KLA Predikat Nindya tak lepas dari sukses pemkot memenuhi 24 indikator penilaian KLA diantaranya pemenuhan hak kebebasan sipil anak, lingkungan keluarga yang sehat, terpenuhinya kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, serta perlindungan khusus terhadap anak.

Kedepan, pihaknya menargetkan peningkatan prestasi dari Nindya ke Utama. Untuk itu, mulai saat ini pihaknya akan memantapkan kembali capaian di setiap indikator penilaian. "Akan terus kita kawal agar kedepan bisa menjadi lebih baik lagi," pungkasnya.

Selain penghargaan KLA Kategori Nindya, Forum Anak Kota Kendari yang diberangkatkan mengikuti pertemuan Data Forum Anak (Dafa) tingkat nasional juga memperoleh penghargaan dari Menteri Bintang Puspayoga. Forum Anak Kota Kendari didapuk sebagai Forum Anak Terfavorit tingkat nasional tahun 2022. Penghargaan diberikan bagi forum anak yang paling aktif, kreatif dan inovatif dalam berkegiatan. (b/ags)

Capaian KLA Pemkot Kendari
2011 Predikat Pratama
2012 Predikat Pratama
2013 Predikat Madya
2015 Predikat Madya
2017 Predikat Prtama
2018 Predikat Madya
2019 Predikat Madya
2021 Predikat Nindya
2022 Predikat Nindya

Hasil Penilaian KLA 2022
-8 Daerah Kategori Utama
-66 Daerah Kategori Nindya
-117 Daerah Kategori Madya
-121 Daerah Kategori Pratama

  • Bagikan