Meretas Jalan ke Pentas Internasional

  • Bagikan
Dekan Fakultas Farmasi UHO Prof. Dr. Ruslin, M.Si (4 dari kiri) kerja sama dengan Universitas Islam Teknologi Mara, Malaysia.(IST)
Dekan Fakultas Farmasi UHO Prof. Dr. Ruslin, M.Si (4 dari kiri) kerja sama dengan Universitas Islam Teknologi Mara, Malaysia.(IST)

-- Ikhtiar Mendukung Visi UHO Go Global

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Universitas Halu Oleo (UHO) dalam kendali Rektor Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S. Si.,M.Si.,M. Sc mempunyai visi menjadi perguruan tinggi kelas dunia dalam pengelolaan dan pengembangan wilayah pesisir, kelautan dan perdesaan tahun 2045.

Merujuk visi tersebut, Fakultas Farmasi UHO mengejawantahkan dengan visi menjadi fakultas yang berdaya saing internasional dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang kefarmasian dalam mendukung pembangunan kesehatan di wilayah pesisir, kelautan dan perdesaan tahun 2045.

D e k a n Fakultas Farmasi UHO Prof. Dr. Ruslin, M.Si meretas jalan ke pentas internasional untuk mewujudkan visi tersebut melalui kerja sama dengan perguruan tinggi dan instansi terkait baik pada skala nasional maupun internasional. Fakultas Farmasi UHO dalam komando Dekan Prof. Ruslin membangun kerja sama dan kolaborasi internasional dalam penelitian dan pengabdian.

Dekan Prof.Ruslin menjelaskan, implementasi kebijakan Fakultas Farmasi untuk mendukung UHO Go Global seperti kerja sama internasional bersama Thammasat University Thailand, Universitas Islam Teknologi Mara, Malaysia dan beberapa universitas luar negeri lainnya.

“Sejak tahun 2021, Fakultas Farmasi menandatangani nota kesepahaman dengan Faculty of Pharmacy Thammasat University, Thailand. Kerja sama ini berupa kegiatan tri dharma perguruan tinggi, antara lain postdoctoral fellow, guest lecture dan visiting professor,” ujar Dekan Prof. Ruslin, Minggu (18/8/2024).

Dalam kegiatan di Thammasat University, Thailand itu, Dekan Prof. Ruslin sebagai Guest Lecture terkait Analisis Farmasi dan Kimia Medisinal. Sedangkan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.rer. nat. Adryan Fristiohady, S.Farm., M.Sc. Apt sebagai Guest Lecture menyajikan penulisan artikel ilmiah dan workshop molecular biology. (win/b)

-- Penelitian Kolaborasi Internasional

Dosen Fak. Farmasi UHO Dr.Irnawati, M.Si mengikuti program visiting researcher di Fakultas Farmasi, UGM.(IST)

Selain membangun kerja sama internasional, Fakultas Farmasi UHO juga melakukan penelitian kolaborasi level internasional. Sebut saja, dosen Fakultas Farmasi UHO Prof. Dr. Sahidin, M.Si. bersama dosen Universiti Kebangsaan Malaysia tentang unraveling the anticancer effect and mechanisms of polygonum minus extract and its secondary metabolites in targeting the multidrug-resistant acute myeloid leukemia cells.

Dosen lainnya, Dr.rer.nat. Adryan Fristiohady, M.Sc melakukan penelitian kolaborasi internasional bersama dosen Thammasat University, Thailand tentang The Potential Effect Xanthone Nanoemulsion as Anti Skin Cancer and Its Mechanisms dan masih banyak lagi.

“Penelitian kolaborasi internasional yang kami lakukan adalah salah satu upaya dalam mewujudkan visi UHO Go Global,” ujar Dekan Fakultas Farmasi UHO, Prof. Ruslin. (win/b)

-- Penelitian Nasional

Dekan Fakultas Farmasi UHO Prof. Dr. Ruslin, M.Si mewawancara Camaba Magister Farmasi.(IST)

Dosen-dosen Fakultas Farmasi UHO juga telah melaksanakan penelitian nasional tahun 2024. Mereka adalah Prof. Dr. Sahidin dengan 3 judul. Salah satunya adalah eksplorasi Kimia dan Farmasi Tanaman Etlingera (Zingiberaceae) Sulawesi Tenggara sebagai bahan baku herbal kesehatan mental. “Penelitian katalis kolaborasi ini bersama dosen Institut Pertanian Bogor,” ucap Dekan Prof Ruslin.

Selain itu, penelitian nasional yang dilakukan Prof. Dr. Muhammad Arba dengan 2 judul. Salah satunya, berjudul potensi obat antidiabetes dan eksplorasi mekanisme aksi dari etnofarmaka Sulawesi melalui pendekatan In silico, In vitro dan In vivo “Penelitian katalis kolaborasi strategis dan kerjassama Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, dan Universitas Tadulako,” rinci Dekan Prof.Ruslin.

Lalu, penelitian nasional Dr. Wahyuni, M.Si. Apt terkait studi komprehensif kimia dan farmakologi tumbuhan wundu watu (Alpinia monopleura) asal Sultra sebagai kandidat obat antikanker (Penelitian Fundamental)

Selanjutnya, penelitian Dr. Asriullah Jabbar, S.H., S.Si., M.P.H dengan judul bioaktivitas dan pengembangan sediaan nano gel senyawa kayu Songga (Strychnos ligustrida) asal Pulau Sumbawa sebagai antibiofilm ulkus diabetetikum. Penelitian Wa Ode Sitti Zubaydah dengan judul autentikasi nanoemulsi minyak ikan bandeng dan ikan gabus sebagai pencegah stunting.

Kemudian penelitian Dr.rer.nat. Adryan Fristiohady, M.Sc. Apt dengan judul aplikasi mikrokristal selulosa asal serat batang sagu (Metroxylon Sago) sebagai eksipien tablet: isolasi, karakterisasi, dan formulasi. (win/b)

  • Bagikan