Haliana Usulkan Pembangunan Jalan Lewat Inpres

  • Bagikan
Bupati Wakatobi Haliana memantau kondisi infrastruktur di Pulau Kaledupa.
Bupati Wakatobi Haliana memantau kondisi infrastruktur di Pulau Kaledupa.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahun 2023 lalu, beberapa ruas jalan di Pulau Tomia dan Binongko tuntas dibangun dana instruksi presiden (Inpres). Keberhasilan pembangunan jalan yang menelan anggaran puluhan miliar di dua pulau ini akan kembali diusulkan oleh Bupati Wakatobi, H Haliana tahun ini mengusulkan pembangunan jalan di Pulau Kaledupa.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi tengah mengusulkan percepatan peningkatan jalan di Desa Tampara-Horuo, Tampara-Buranga, Desa Kasuari-Tampara serta jalan Ambeua-Sombano. Anggaran yang diminta untuk pembangunan jalan ini capai Rp 47,5 miliar.

Haliana meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Kaledupa agar misinya terwujud. “Selanjutnya yang kita usulkan ada beberapa ruas jalan di Kaledupa melalui Inpres tahun ini. Mohon doanya. Saya kemungkinan ke Jakarta sekaligus memprogres mudah-mudahan semua ditangani oleh inpres supaya jalan kita tuntas,” ujar H Haliana.

Haliana melanjutkan untuk lelang bukan kewenangan Pemkab Wakatobi. Begitu juga dengan proses pengerjaan tidak ada intervensi dari pemerintah setempat. Kendati demikian, pihaknya berharap pembangunan tersebut dilaksanakan di Wakatobi.

“Lelangnya bukan kita yang urus. Kita juga tidak bisa intervensi karena ini anggaran pusat. Yang penting pembangunannya di Wakatobi dan dinikmati oleh masyarakat kita,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pulau Wangi-Wangi terdapat beberapa ruas jalan yang juga diusulkan. Sedangkan di Tomia dan Pulau Binongko, percepatan peningkatan konektivitas jalan telah dilakukan melalui Inpres tahun 2023. Anggaran yang dihabiskan untuk di Pulau Tomia sebesar Rp 25,9 miliar dan di Binongko kurang lebih Rp 31 miliar. (thy/b)

  • Bagikan