Kolaborasi Asmawa dan Unsultra Tumbuhkan Entrepreneur Muda

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu (kiri) menerima potongan tumpeng dari Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun (kanan) dalam acara Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza 2023 di pelataran Kampus Unsultra. (HUMAS PEMKOT KENDARI)
Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu (kiri) menerima potongan tumpeng dari Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun (kanan) dalam acara Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza 2023 di pelataran Kampus Unsultra. (HUMAS PEMKOT KENDARI)

--Melalui Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza 2023

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu tulang punggung perekonomian bangsa. Oleh karena itu, keberadaannya terus dipertahankan dalam rangka menjaga perekonomian negara dan daerah. Penjabat (Pj) Kota Kendari Asmawa Tosepu berkolaborasi dengan Rektor Unsultra, Prof.Dr.Ir.Andi Bahrun, M.Sc.,Agric dalam menumbuhkan entrepreneur muda melalui Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza 2023.

Kegiatan itu dimulai 10 November dan berakhir Minggu 12 November 2023, kemarin. Sekira 10 stand wirausaha lingkup kampus berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pj Wali Kota Asmawa menjelaskan, kerja sama yang dibangun dengan Unsultra sangat penting dalam rangka mengembangkan sektor UMKM di daerah.

Ia berharap, Unsultra membantu mendorong promosi dari sisi pemasaran produk UMKM.

“Unsultra sebagai perguruan tinggi dapat menghadirkan inovasi, misalnya inovasi perbaikan kualitas UMKM kita, baik dari sisi produk maupun pengelolaannya, dengan senantiasa melakukan riset, penelitian dan pengembangan,"ujar Pj Wali Kota Asmawa, kemarin.

Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini bangga, meski kerja sama baru terjalin, kedua pihak sudah action dengan melaksanakan Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza di pelataran Kampus Unsultra. Dalam kegiatan ini, puluhan UMKM yang berasal dari universitas dan masyarakat Kota Kendari terlibat didalamnya.

“Ini (Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza 2023) adalah salah satu strategi kami dalam mengembangkan UMKM selain dari pembuatan regulasi dan digitalisasi UMKM,” ungkap Pj Wali Kota Asmawa.

Pj Wali Kota Asmawa menjelaskan strategi yang sudah dilakukan Pemkot untuk mendukung UMKM. Pertama, membangun infrastruktur dan digitalisasi UMKM. Kedua, membuka akses permodalan untuk UMKM. Ketiga, Pemkot berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak termasuk dengan perguruan tinggi, khususnya Unsultra.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unsultra Prof.Dr.Ir.Andi Bahrun, M.Sc.,Agric mengatakan UMKM sebagai salah satu tulang punggung ekonomi bangsa harus tetap eksis dalam rangka menjamin kesejahteraan masyarakat.

“Unsultra berkomitmen mengembangkan UMKM sebagai salah satu sektor perekonomian bangsa. Komitmen ini juga telah tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Kami akan selalu senantiasa berinovasi dalam rangka mengembangkan UMKM agar sektor ini bisa berdaya saing,” ujarnya

Rektor Prof.Andi Bahrun, Minggu (12/11/2023), kemarin. Rektor Prof. Andi Bahrun mengungkapkan, Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza 2023 ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Unsultra kepada publik terkait pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. “Melalui Sekolah Bisnis dan Expo Entrepreneur Vaganza ini masyarakat dapat melihat produk yang dihasilkan dosen dan mahasiswa Unsultra,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini digelar pasar murah dalam rangka mengendalikan inflasi, jalan santai dalam rangka Hari Pahlawan, berbagai macam lomba dan Unsultra melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkot, Telkom Indonesia dan Mata Garuda tentang peningkatan tridharma perguruan tinggi. (ags/win/b)

  • Bagikan