KPU Konut Gelar “Ngopi”

  • Bagikan
SINERGI : Jajaran KPU Konut bersama perwakilan media yang bertugas di daerah itu usai kegiatan Ngobrol Pilkada dalam persiapan menjelang helatan pemilihan kepala daerah 2024. (DOK. HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar ngobrol Pilkada (Ngopi) bersama para jurnalis di daerah itu. Ketua KPU Konut, Abdul Makmur, mengatakan tujuan “Ngopi” bareng untuk meningkatkan kemitraan pihaknya dengan media massa dalam menyampaikan informasi kepemiluan kepada masyarakat menuju suksesnya Pilkada serentak tahun 2024.

Apalagi sudah ada beberapa tahapan proses yang sedang dilaksanakan. Mulai dari perekrutan badan Adhoc PPK dan PPS. “Tentunya kita seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Konut berharap, Pilkada serentak tahun 2024 ini bisa terlaksana dengan baik, penuh damai, bersih dan berintegritas,” ujar mantan Anggota Bawaslu Konut tersebut, Kamis (9/5).

Menurut Abdul Makmur, untuk mewujudkan Pemilu damai, bersih dan berintegritas tak akan bisa terlaksana hanya dengan satu kekuatan saja. Dibutuhkan dukungan dan kerja sama semua pihak, salah satunya media sebagai pilar keempat demokrasi. “Oleh sebab itu kami sangat berharap ada saran dan masukan yang bertujuan bagaimana supaya Pemilu ini sukses,” sambungnya

Ketua KPU Konut menambahkan, beberapa capaian yang dilakukan jajaran penyelanggara Pemilu yang belum lama dilaksanakan. Pertama, zero pemungutan suara ulang (PSU) yang sebelumnya pada Pemilu 2019 terdapat lima TPS yang menggelar PSU. Kedua, tidak ada TPS yang menjadi locus perselisihan hasil Pemilu. Padahal pada Pemilu 2019 terdapat TPS yang menjadi locus perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi. Ketiga, ada peningkatan partisipasi pemilih, pemilu 2024 angka persentasi sangat tinggi yakni 92,22 persen.

“Kesuksesan ini kami tidak ingin klaim sendiri, tetapi ada keterlibatan dari unsur Pers dalam memberikan informasi pada publik, hari dan tanggal pemungutan suara, tahapan kapan mendaftarkan diri sebagai pemilih,” ujarnya didampingi para komisioner, Edison Peokodoh, Muh. Husni Ibrahim, Naim, Eka Dwiastuti Liambo dan Sekretaris KPU Konut, Uddin Yusuf. Abdul Makmur berharap hubungan antar KPU Konut dengan insan media semakin terjalin dengan baik kedepannya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan memberi pelayanan informasi kepada para jurnalis. (c/min)

  • Bagikan