Plh Wali Kota Kendari Minta Pelayanan Masyarakat Ditingkatkan

  • Bagikan
Kepala Dukcapil Kendari, Iswanto Dongge (kiri) menyerahkan alat perekam KTP elektronik kepada perwakilan UPTD Dukcapil Kecamatan. Penyerahan alat perekam disaksikan langsung Plh Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala (ketiga dari kanan) di MPP Kota Kendari, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, menyalurkan sejumlah alat rekam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) kepada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dukcapil di 11 Kecamatan. Adanya alat baru ini diharapkan, sejalan dengan peningkatan kualitas pelayanan masyarakat. Kepala Dukcapil Kota Kendari, Iswanto Dongge mengatakan, pengadaan alat rekam E-KTP, untuk menggantikan alat yang sudah ada sebelumnya. “Alat yang dipakai saat ini, sudah 13 tahun usianya. Tahun 2010 diadakan. Jadi, sudah saatnya diganti,” ungkap Iswanto usai menyerahkan alat rekam E-KTP di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Kendari, kemarin.

Dia tak menampik, jika sebelumnya, warga menghadapi kendala dalam proses perekaman. Diakibatkan alat rekam yang usianya sudah lama. “Biasanya ada kendala seperti loading atau biasa masyarakat mengantri. Nah, sekarang tidak ada lagi,” jelasnya.

Mantan Inspektur Pembantu (Irban) III Inspektorat Kendari ini menambahkan, alat rekam E-KTP yang disalurkan kepada UPTD Dukcapil, terdiri dari kamera, komputer, dan perangkat pendukung lainnya. “Kehadiran alat rekam KTP elektronik ini, juga bagian dari upaya penyesuaian dengan perkembangan zaman. Misalnya, pada perangkat komputer windows-nya sudah kekinian. Sehingga membantu mempercepat proses pengolahan data kependudukan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala berharap, kehadiran alat rekam E-KTP, bisa semakin meningkatkan pelayanan masyarakat. Terutama yang ingin melaksanakan perekaman data kependudukan. “Pemerintah Kota Kendari terus mengupayakan, agar masyarakat terlayani dengan baik. Terutama yang ingin mengurus KTP elektronik. Sebab, sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Pengurusan KTP sangat penting dan harus dilayani dengan cepat, tepat, dan gratis,” imbuhnya. (b/ags)

  • Bagikan