Pemkot Kendari Support Pelaku UMKM

  • Bagikan
Ridwansyah Taridala

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari sangat mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dukungan diberikan berupa kemudahan perizinan, akses permodalan, hingga pelatihan dan pemasaran. Plh Wali Kota Kendari, Ridwansyah Taridala dalam beberapa kesempatan menegaskan, pelaku UMKM sebagai denyut nadi perekonomian daerah dan bangsa. Sehingga harus didukung penuh. “Perhatian pemerintah melalui instansi terkait sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Implementasi arahan tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Watulondo, melakukan kunjungan kepada pelaku UMKM Baruasa Membiri di Kecamatan Puuwatu. Turut hadir Camat Puuwatu Ratriansyah dalam pertemuan tersebut. Camat Puuwatu Ratriansyah mengapresiasi kunjungan tersebut dan memuji kiprah warganya di bidang UMKM. Dia menjelaskan, KIM Kelurahan Watulondo sudah koordinasi dengan beberapa dinas teknis. Termasuk dari kecamatan untuk pengembangan usaha kecil. Khususnya di Kecamatan Puuwatu. “Kami berfokus pada proses perizinan. InsyaAllah kami bantu semua. Termasuk koordinasi dengan instansi terkait. Misalnya Kominfo, Perdagangan dan PTSP sudah dilakukan,” jelas Ratriansyah dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Lanjut dia, Pemerintah siap membantu seandainya, ada kendala perizinan dan membantu dari segi UMKM. Kalau misalnya ada program dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemkot. Terkait penyediaan bantuan. Misalnya dana bergulir, bantuan usaha menengah kecil dan usaha mikro kecil dan menengah, pemerintah akan mengupayakan pelaku UMKM jadi prioritas.

Sekretaris KIM Kelurahan Watulondo, Sunarti menambahkan, KIM di Kelurahan Watulondo sudah meningkat karena penyebaran informasinya cepat. “Semoga ke depan, KIM lebih meningkat dan dukungan pemerintah lebih maksimal lagi,” imbuhnya. (ags)

  • Bagikan