Burhanuddin Dorong Petambak Udang Tingkatkan Produktivitas

  • Bagikan
Pj Bupati Bombana Burhanuddin memantau tambak udang milik warga di Kecamatan Poleang Timur saat panen Juni lalu

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tambak udang milik warga di Kecamatan Poleang Timur begitu potensial. Pj Bupati Bombana Burhanuddin telah melihat kawasan tambak udang itu saat musim panen Juni lalu. Kondisi itu memantik Burhanuddin mendorong petambak udang di Bombana untuk meningkatkan produktivitas. Apalagi udang merupakan salah satu komoditas unggulan Bombana. Burhanuddin menyebut peluang bisnis dari komoditas udang juga cukup menjanjikan.

Ia mengaku sudah menyampaikan kepada Dinas Perikanan untuk membuat konsep kerjasama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan Universitas Haluoleo agar melakukan suatu penelitian terkait dengan permasalahan yang dialami oleh para petambak udang sehingga mengurangi produksi udang pada tambak yang dikelola. Diakuinya, pemerintah berperan penting memberikan panduan dan pembelajaran kepada para petambak tentang cara memelihara dan cara mempertahankan budidaya udang tersebut.

Selain itu, terkait masalah pengairan dan saluran pada tambak udang, ia meminta kepada Dinas Perikanan untuk membuat kajian tentang daerah mana yang harus dilakukan rehabilitasi. “Saya ingin betul-betul program yang dilakukan sesuai dengan data yang ada di lapangan. Saya minta Dinas Perikanan untuk melakukan inventerisasi daerahdaerah yang salurannya sudah tidak berfungsi dengan baik dengan melihat yang mana menjadi prioritas untuk dibenahi” pungkasnya. (idh/b).

  • Bagikan