H. Ahmad Safei Tanggung Biaya Transportasi Lokal JCH

  • Bagikan
Bupati Kolaka, H.Ahmad Safei (kanan) menyalami para JCH asal Kabupaten Kolaka pada acara pelepasan JCH di Masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka, Senin (5/6), kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Program peningkatan nilai agama yang dicetuskan Bupati Kolaka, H Ahmad Safei bukan sekadar wacana belaka. Hampir sepuluh tahun memimpin Bumi Mekongga bersama Wakil Bupati Muhammad Jayadin, sudah banyak program Bupati Safei yang dirasakan manfaatnya oleh umat beragama yang ada di otoritanya.

Pembangunan rumah ibadah hingga pemberian sarana dan prasarana kegiatan ibadah hingga menghadiri kegiatan hari besar umat beragama merupakan sebagian bukti dukungan Bupati Safei terhadap peningkatan nilai agama di Kolaka. Terbaru, Bupati Safei
menanggung biaya transportasi lokal 354 jemaah calon haji (JCH).

Anggaran yang disiapkan Bupati Safei sekira Rp 867 juta dalam postur APBD Kolaka tahun 2023. "Saya atas nama Pemkab Kolaka mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji, di tahun1444 Hijriah / 2023 Masehi. Semoga semua JCH kembali dengan selamat," ujar Bupati Safei saat melepas JCH di Masjid Agung Khaerah Ummah Kolaka, Senin (5/6), kemarin.

"Saya juga berpesan jaga nama baik tanah air dan daerah kita. Jangan ada terjadi hal-hal yang kita tidak inginkan di Tanah Suci nanti. Kalau kita berbuat kebaikan pada saat ibadah haji, maka pahala yang  didapat. In Sya Allah berguna bagi kita dan orang lain," sambung Bupati Safei.

Bupati Kolaka 2 periode itu mengingatkan para JCH agar disiplin menjaga kesehatan agar dapat fokus beribadah sehingga mampu melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. Sebab rangkaian ibadah haji sebagian besar adalah fisik.

Bupati Safei juga mengingatkan para JCH untuk tidak terpisah dari rombongan dan saling membantu. "JCH yang akan berangkat supaya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk beradaptasi dan membaur dengan seluruh JCH yang lainnya," tutur Bupati Safei.

Sebagai bentuk kepeduliannya kepada warganya yang akan berangkat menunaikan ibadah haji, Bupati Safei memberikan bantuan transportasi lokal dari Kolaka hingga Embarkasi Makassar dan sebaliknya dari Debarkasi Makassar ke Kolaka ketika JCH pulang nanti.

"Biaya penerbangan 354 JCH ini ditanggung Bupati Ahmad Safei melalui kebijakannya dalam APBD. Bantuan itu dianggarkan sekira Rp867 juta," ujar Kepala Bagian Kesra Setda Kolaka, Syaifuddin Mustaming.

Pria yang karib disapa Ustaz Pudo itu mengatakan, anggaran Rp867 juta tersebut belum termasuk cadangan tambahan 10 orang. "Kami masih menunggu keputusan Dirjen. Jika ada tambahan JCH 10 orang lagi maka kami anggarkan pemberangkatannya seperti JCH lainnya," ungkapnya.

Pemberangkatan JCH ke Embarkasi Makassar, kata Ustaz Pudo dilaksanakan selama 3 hari melalui Bandara Sangia Nibandera. "Pemberangkatan mulai tanggal 8, 9, dan 10 Juni 2023. Dalam sehari, 2 kali penerbangan. Selain 354 JCH, juga ada 25 orang Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) yang akan ikut dalam penerbangan tersebut," rincinya.

Untuk diketahui, 354 JCH asal Kabupaten Kolaka tergabung dalam Kelompok terang (Kloter) 27 UPG. Acara pelepasan JCH Kabupaten Kolaka tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kolaka H Muhammad Jayadin dan Ketua DPRD Kolaka Syaifullah Halik beserta sejumlah pimpinan Forkopimda dan Kepala OPD di lingkup Pemkab Kolaka. (fad/b)

  • Bagikan