Gerhana Matahari di Sultra Mulai Pukul 10.00 WITA Hari Ini: Jangan Dilihat Langsung, Bahaya!

  • Bagikan

"Secara umum Gerhana Matahari di Sultra mulai pukul 10.00 Wita. Puncak gerhana pukul 12.18 Wita dan kontak keempat pukul 13.56 Wita"

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Fenomena Gerhana Matahari akan berlangsung, Kamis 20 April 2023, hari ini. Gerhana ini, bisa disaksikan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

Staff Operasional Stasiun Geofisika Kendari Ermita mengatakan, secara umum Gerhana Matahari di Sultra mulai pukul 10.00 Wita. Puncak gerhana pukul 12.18 Wita dan kontak keempat pukul 13.56 Wita.

"Durasi pengamatan gerhana di Sultra rata-rata 3 jam 6 menit," kata Ermita kepada kendaripos.fajar.co.id, Kamis 20 April.

Gerhana matahari sebagian, total, dan cincin, kata dia, akan terjadi secara berurutan. Untuk Gerhana Matahari Cincin tidak dapat diamati di wilayah Indonesia.

"Wilayah Indonesia hanya dapat mengamati proses Gerhana Matahari Total di Biak dan Pulau Kisar. Serta Gerhana Matahari Sebagian di sebagian wilayah Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara," jelasnya.

Ermita menambahkan, Stasiun Geofisika Kendari akan melakukan pengamatan Gerhana Matahari Sebagian di Pantai Bahari, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka.

Pada saat terjadi gerhana matahari, jangan lihat langsung ke arah matahari. Bisa menyesal. Sebab, radiasi dari matahari bisa merusak mata. Sehingga, dianjurkan untuk menggunakan kacamata khusus ataupun menyaksikannya secara langsung di live streaming BMKG. (Ali/b/KP)

  • Bagikan