Tingkatkan Layanan, Bank Sultra Merambah Bisnis Digital

  • Bagikan
Abdul Latif


Lebih Setengah Abad Melayani Nasabah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bank Sultra menapaki usia 55 tahun, Kamis (2/3), kemarin. Sudah lebih setengah abad, bank Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu melayani nasabah setianya. Dihari jadinya tahun 2023 ini, Bank Sultra mengusung konsep ”Digital Exploration". Bank Sultra siap merambah bisnis digital perbankan.

Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif menjelaskan, konsep bisnis digital exploration dihadirkan berangkat dari masifnya arus digitalisasi saat ini. "Harapan Bank Sultra fokus pada pencapaian akses inovasi bisnis berbasis digital yang ditunjang dengan SDM (Sumber Daya Manusia) dan pengembangan strategi teknologi yang lebih baik guna memberi kemudahan dalam pelayanan kepada nasabah tercinta," ujarnya kepada Kendari Pos, Kamis, kemarin.

Bisnis digital perbankan yang dimaksud yakni dengan menghadirkan layanan Aplikasi Bank Sultra Mobile dan Kartu Debit. "Layanan kartu debit dan mobile banking ini memang sudah lama dinantikan oleh nasabah. Namun pada saat saya bergabung di Oktober 2019, kondisi modal inti Bank Sultra saat itu masih di bawah Rp1 triliun sehingga belum bisa implementasi kartu debit maupun mobile banking," kata Dirut Abdul Latif.

"Namun berkat dukungan dari seluruh pemegang saham terkhusus Bapak Gubernur Sultra dan seluruh stakeholders serta kepercayaan masyarakat yang dikolaborasikan dengan semangat dari karyawan-karyawati Bank Sultra, layanan kartu debit dan mobile banking akhirnya dapat kita nikmati saat ini," sambung Dirut Abdul Latif.

Dalam menyambut era perbankan digital yang makin kental menjadi motivasi bagi Bank Sultra untuk lebih agresif dalam berinovasi. "Terbukti di masa pandemi yang lalu, kinerja industri perbankan nasional mengalami tekanan yang cukup berat. Alhamdulilah, kinerja Bank Sultra tetap menunjukan pertumbuhan positif," ungkap Abdul Latif.

Ia menambahkan, sukses Bank Sultra menghadirkan layanan kartu debit dan mobile banking tak lepas dari dukungan penuh Gubernur Sultra Ali Mazi selaku pemegang saham pengendali. Termasuk dukungan wali kota dan bupati se-Sultra selaku pemegang saham, dukungan OJK dan BI selaku regulator serta masyarakat dan seluruh stakeholder Bank Sultra.

"Untuk itu kembali kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan kepada Bank Sultra dan semoga di masa mendatang kepercayaan ini tetap dapat kami pertahankan sehingga cita-cita kami menjadi bank yang berdaya saing tinggi dan kuat dapat kami wujudkan," tutur Dirut Abdul Latif.

Guna memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, Dirut Abdul Latif mengimbau seluruh nasabah untuk mengunduh aplikasi Bank Sultra Mobile melalui App Store maupun Play Store di perangkat masing-masing. "Mari kita nikmati kemudahan bertransaksi menggunakan Kartu Debit dan Bank Sultra Mobile," pintanya.

Selain aplikasi dan kartu debit, Bank Sultra juga mempersiapkan fitur QRIS pada layanan Bank Sultra Mobile. Penambahan fitur QRIS dalam layanan Mobile Banking Bank Sultra sangat penting dalam rangka mewujudkan digitalisasi transaksi nasabah. "Tahun ini (2023) akan kita launching. Fitur QRIS ini sudah masuk dalam rencana bisnis bank tahun ini," ungkap Abdul Latif.

Terdapat beberapa keunggulan yang bisa dirasakan nasabah saat bertransaksi menggunakan QRIS Bank Sultra, kata Abdul Latif. Diantaranya, penggunaan QRIS yang bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

Selanjutnya, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel. Kemudian, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. "Keunggulan lainnya yakni transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran," kata Abdul Latif.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi inovasi yang dihadirkan insan Bank Sultra. Menurutnya, layanan kartu debit dan Mobile Banking yang dihadirkan merupakan sebuah terobosan yang membuktikan Bank Sultra bisa bersaing dengan perbankan konvensional lainnya.

"Kami turut merasa bangga dan menitipkan pesan kepada pengurus agar terus menghadirkan inovasi-inovasi agar Bank Sultra dapat mencapai visinya menjadi pemimpin di daerahnya atau Regional Champion," kata Gubernur Ali Mazi. (ags/b)

Lebih Setengah Abad Melayani Nasabah

  • Bagikan