Rayakan Isra Miraj, Wagub Kukuhkan DMI

  • Bagikan
Wagub Sultra, Lukman Abunawas (kanan) menyerahkan secara simbolis mushaf Alquran pada perayaan Isra Miraj di aula Masjid Agung Lasusua, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Peringatan Isra Miraj di Kolaka Utara (Kolut) tahun ini, cukup istimewa. Di tengah kesibukannya, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Lukman Abunawas, tetap menyempatkan diri berkunjung ke Lasusua. Tidak hanya merayakan perjalanan spiritual Rasulullah menerima perintah salat, Sultra-2 tersebut turut mengukuhkan pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) se-Kolut dan mewisuda santri Taman Pengajian Alquran (TPA). Dalam amanahnya, Lukman Abunawas mengajak umat Islam meneladani sifat nabi Muhammad SAW baik di tengah masyarakat, maupun di dunia kerja. Sebagai pemimpin, Rasulullah telah memberi contoh.

Diantaranya, amanah atau dapat dipercaya, pengayoman masyarakat dan istiqomah. Artinya, seorang pemimpin harus konsisten dan memiliki fathona atau kecerdasan. Kemampuan intelektual penting sebagai dasar bagaimana mengatur pemerintahan dan masyarakat. “Saya salut dengan pemimpin di Kolut. Sebab mereka benar-benar mengabdi kepada masyarakat. Salah satu contohnya, Nur Rachman (mantan Bupati Kolut). Selama lima tahun, beliau telah banyak memberi kontribusi pembangunan terutama yang bercirikan Islam. Sia-sialah manusia yang memiliki jabatan dan harta bila tidak dimanfaatkan dalam membantu sesama manusia, baik dalam pengambilan kebijakan maupun dalam prakteknya,” pesan mantan Bupati Konawe dua periode itu, di aula Masjid Agung Lasusua, kemarin.

Tidak hanya kecakapan lanjut Ketua DMI Sultra ini, setiap pemimpin harus selalu bisa menjaga silaturahmi. Hubungan yang baik antara sesama akan memudahkan dalam upaya mengoptimalkan pembangunan.

Di sisi lain, rasa keikhlasan harus ditanamkan. Sebagai pemimpin, apa yang telah dilakukan tidak pamrih. Sebab amanah yang dititipkan bagian dari pengabdian untuk daerah, bangsa dan negara. Seperti yang diriwayatkan, dada Rasulullah dibelah untuk membersihkan jiwanya dari sifat buruk sebelum perjalanan Isra Miraj. “Insya Allah, pengabdian terhadap masyarakat akan mendapat balasan dari Allah SWT. Perayaan Isra Miraj ini bisa menjadi momentum berbenah diri dan meningkatkan iman dan ketakwaan.

Saya ingin mengapresiasi Pemkab Kolut dan DMI setempat yang telah memfasilitasi perayaan Isra Miraj yang dirangkaikan kegiatan ini,” kata mantan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra tersebut. Perayaan itu dihadiri Pj. Bupati Kolut, Parinringi, Sekretaris Kabupaten (Sekab), Taupiq, Wakil Rektor

  • Bagikan