Lukman Abunawas Menuju Sultra Satu

  • Bagikan
Lukman Abunawas


--Kader PDIP Kompak Dukung Lukman Jadi Gubernur

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, termasuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra baru akan digelar November 2024. Sederet tokoh politik di Sultra sudah bergerilya dan menyosialisasikan diri bakal tampil di kancah Pilkada 2024. Wakil Gubernur Lukman Abunawas adalah salah satu figur yang bakal bertarung menuju Sultra Satu (Gubernur Sultra 2024,red).

Baliho Lukman Abunawas sebagai bakal calon gubernur sudah bertebaran di seantero Sultra. Sosialisasi intens ditunaikan Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Sultra itu. Konsolidasi internal untuk mengokohkan barisan kader dan kerja-kerja partai pun dilakukan. Mantan Bupati Konawe dua periode itu belum membangun komunikasi dengan partai lain terkait pilkada 2024.

Lukman Abunawas mengaku sudah siap maju sebagai bakal calon Gubernur Sultra di Pilkada 2024. "Kita sedang persiapkan. In Sya Allah kita maju (Pilgub)," ujar Lukman Abunawas kepada Kendari Pos, Minggu (19/2), kemarin.

Meski sudah menyatakan siap bertarung pada Pilgub Sultra 2024, Lukman Abunawas mengaku masih fokus mempersiapkan kader memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Februari 2024.

"Tahap pertama itu Pileg bulan Februari 2024. Kita fokus di Pileg dulu. Kita sementara menyusun calon-calon anggota DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota," kata Lukman Abunawas.

Mantan Sekda Provinsi Sultra itu yakin sukses meloloskan kader PDIP di parlemen. Mendudukan kader PDIP di kursi parlemen menjadi kunci utama maju sebagai kontestan Pilgub Sultra di tahun yang sama.

Lukman mengaku, secara umum PDIP Sultra sudah siap menghadapi Pemilu Serentak 2024. Seluruh kader menyatakan siap menang sesuai instruksi dan cita-cita pendiri dan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. "Kita sukseskan Pileg dulu. Kalau kita menang di Pileg, In Sya Allah kita akan menang juga di Pilgub," tuturnya.

Sejumlah kader PDIP Sultra mendukung Lukman Abunawas tampil sebagai bakal calon Gubernur Sultra pada Pilkada 2024. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Sultra, Litanto mengatakan, secara umum kader partai mulai ditingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi mendukung penuh Lukman Abunawas.

Pertimbangannya, kata Litanto, Lukman Abunawas dinilai berhasil membesarkan partai besutan Megawati Soekarnoputri di Sultra, diantaranya sukses mendorong kader meraih kursi parlemen baik di DPRD Provinsi Sultra maupun di DPRD 17 kabupaten/kota.

"Alhamdulillah pada Pileg 2019, kita menjadi salah satu parpol yang sukses. Khususnya di tingkat provinsi, kita berhasil meraih 5 kursi. In Sya Allah, tahun depan kita bisa meraih lebih banyak lagi. Kita menargetkan 10 kursi," kata Litanto, kemarin.

Mantan Ketua DPC PDIP Kabupaten Konawe itu optimistis, kekompakan internal partai yang tercipta saat ini bisa memudahkan PDIP mencapai 10 kursi yang ditargetkan. Jika tercapai, Litanto yakin langkah Lukman Abunawas menjadi Gubernur Sultra akan semakin mudah.

"Pak Lukman Abunawas adalah orang tua kita. Kita sangat mendukung beliau jadi Gubernur Sultra. Lukman Abunawas menjadi Gubernur Sultra adalah harga mati bagi PDIP," tegas Litanto.

Senada, Ketua PDIP Kota Kendari, Ishak Ismail mendukung penuh Lukman Abunawas menjadi Gubernur Sultra selanjutnya. Menurutnya, Lukman sukses membesarkan partai terbukti dari hasil survei beberapa lembaga yang menyebutkan PDIP menjadi salah satu parpol berpengaruh di Sultra.

"PDIP sangat kuat di Sultra. Terbukti saat ini Wakil Gubernur adalah Ketua Umum DPD PDIP Sultra yakni Lukman Abunawas. Belum lagi kader PDIP di daerah ada yang jadi bupati dan anggota DPRD," kata Ishak.

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil pertemuan dengan pengurus DPD PDIP Provinsi Sultra dan DPC PDIP kabupaten/kota, semua kader PDIP solid mendukung Lukman Abunawas sebagai bakal calon Gubernur Sultra 2024-2029.

"Saya sudah sampaikan kepada teman-teman agar tetap solid dan tidak terpecah dalam mendukung Lukman Abunawas sebagai bakal calon gubernur," kata Ishak Ismail. (ags)

  • Bagikan