Dinkes Kalibrasi Seluruh Alkes di Puskesmas

  • Bagikan
Kasman

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melakukan kalibrasi alat kesehatan (Alkes) di semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Tujuanny menghindari salah diagnosa awal dan menjaga mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

Kepala Dinkes Buteng, Kasman menjelaskan, kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat kesehatan. Kalibrasi diperlukan untuk memastikan hasil pengukuran atau pemeriksaan yang dilakukan menggunakan alat kesehatan tersebut akurat dan konsisten. Kalibrasi alkes dilakukan setiap tahun, dengan berkeliling di setiap puskemas. “Dengan kalibrasi ini, kita bisa jaminkan alat-alat kesehatan yang digunakan di seluruh Puskesmas senantiasa selalu dikoreksi, diperiksa, sehingga menjadi standar, meskipun barangnya sudah lama,” ujar Kasman kemarin.

Kasman menambhakan, kalibrasi alat kesehatan telah banyak membantu daerah untuk menghemat anggaran sekaligus menjaga mutu kesehatan. Meskipun alkes yang digunakan merupakan barang lama, sepanjang masih terjamin akurasinya, maka alkes tersebut tetap dapat digunakan tanpa harus mengadakan alat baru. “Alat-alat yang digunakan kita jamin terstandardisasi, sehingga hasil diagnosa tidak diragukan,” imbuhnya.

Lanjut Kasman, dalam proses kalibrasi ini, pemerintah daerah bekerjasama dengan Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan (BPFK) Makassar. Semua kegiatan kalibrasi dibiayai oleh pemerintah daerah menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Buton Tengah. “Kita lakukan kalibrasi ini sejak 2019 dan sudah melakukan MoU dengan pihak BPFK Makassar,” pungkasnya. (uli/b)

  • Bagikan