Asrama Mahasiswa Mubar di Kendari Dibangun 2023

  • Bagikan
Bahri

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Rencana pembangunan asrama mahasiswa Kabupaten Muna Barat (Mubar) di Kota Kendari, segera direalisasikan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat telah menganggarkan biaya lelang perencanaan dan tahun 2023 dimulai pengerjaan fisik bagunan.

Anggaranya akan diporsikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023. Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri mengatakan pembangunan asrama mahasiswa menjadi salah satu prioritas. Sebagai upaya mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). “Tahun ini yang dianggarkan untuk konsultan perencanaanya. Pembangunan fisik akan dimulai 2023,” ujarnya saat dikonfirmasi, kemarin.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan, Mubar, LM. Amrin Atiri mengungkapkan biaya lelang perencanaan telah dianggarkan pada APBD perubahan 2022. Dengan biaya sekira Rp 200 juta. “Sehingga pada 2023 kita harapkan sudah peletakkan batu pertama pembangunanya,” ucapnya.

Ia menegaskan pelaksanaan pembangunan asrama mahasiwa dilaksanakan tahun 2023 karena seluruh administrasi mengenai kesiapan lahan telah tuntas. Tanah yang direncanakan sebagai lokasi pendirian asrama telah disertifikatkan menjadi milik Pemkab Mubar. “Untuk tanahnya sudah tuntas. Sudah pemisahan sertifikat menjadi milik Pemkab. Dengan luas tanah 40 meter x 80 meter. Alamatnya di Kelurahan Mokoau,” terangnya.

Mengenai total anggara yang dibutuhkan untuk pembangunan asrama mahasiswa, LM. Amrin Atiri mengaku belum tahu pasti. Yang jelas kebutuhan anggaran akan disiapkan sesuai rencana pembangunan gedung yang didesain dua lantai. “Rencana akan dibangun yaitu asrama mahasiswa putra dan putri dua lantai. Kemudian untuk asrama putra dan putri kita buat satu desain tetapi kita buat pembatas. Ditambah lagi kita bangun kantor penghubung,” pungkasnya. (ahi/b)

  • Bagikan