Hemat Baterai Laptop, Ini Caranya

  • Bagikan
Illustrasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Baterai laptop cepat habis? Tentu saja membuat kesal ya. Apalagi jika ada pekerjaan lapangan yang membutuhkan laptop, tentu sangat merepotkan untuk mencari lokasi pengisi daya listrik.

Masalah baterai laptop ini sebenarnya karena kekeliruan penggunaan laptop yang mengakibatkan baterai cepat rusak atau menurun fungsi penyimpanannya.

Berikut beberapa cara yang dirangkum Tim IT Kendari Pos dapat dilakukan agar performa baterai laptop tetap optimal antara lain :

Cabut Colokan Listrik Saat Indikator Pengisian Baterai telah penuh 100%

Pastikan jangan terlena. Saat indikator pengisian baterai sudah penuh 100%, segera cabut dari sambungan listrik. Beberapa laptop tidak dianjurkan untuk terus mengisi daya saat sudah penuh karena bisa membuat baterai cepat rusak.

Arus bolak-balik tidak baik untuk baterai laptop jenis apapun. Saat sarus pendek terjadi, baterai yang seharusnya menyimpan daya malah membalikkan daya ke arah semula sehingga tidak ada daya baterai yang disimpan. Maka, segera cabut colokan listrik kalau sudah penuh.

Isi Baterai Saat Benar Mendekati Habis (kl 5%)

Sangat dianjurkan untuk mengisi daya baterai saat benar-benar habis. Dalam kondisi baik, laptop yang sudah habis daya diisi dalam posisi mati sebelum digunakan kembali. Pada laptop tertentu ini berakibat baik karena tidak ada pemakaian dan kondisi pengisian daya tidak saat sedang digunakan. Laptop tidak dipaksa kerja duakali yaitu bekerja dan mengisi daya.

Baterai yang diisi harus dipastikan penuh baru kemudian dicabut dari aliran listrik. Jangan juga dibiarkan tersambung ke listrik sampai pagi yang berakibat tidak baik pula karena kepenuhan daya.

Aktifkan Mode Hemat Baterai

Pada beberapa laptop terbaru, sudah tersedia mode hemat beterai yang sangat bisa diandalkan dalam beraktivitas. Saat mode hemat baterai diaktifkan maka pekerjaan akan lebih aman karena baterai lebih hemat. Meskipun pada kenyataannya layar lebih redup dan ini tidaklah berakibat jelek terhadap pemakaian.

Laptop Dihidupkan Secara Kontinyu

Sebuah laptop yang disimpan dalam waktu lama sangatlah tidak baik, alasannya adalah daya baterai yang habis tidak terpakai dan baterai menjadi rusak karena tersimpan di dalam komponen laptop lain.

Untuk laptop yang bisa dicabut baterainya, jika tidak dipakai dalam waktu lama malah dianjurkan untuk mencabut baterai lalu dipasang kembali saat digunakan.

Nah, inilah cara merawat baterai Laptop agar tetap awet dan produktif. (Sbr)

  • Bagikan