Haliana Ajak Warga Kunjungi Puncak Barabantinggi

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, Haliana (kanan) bersama Kadis Pariwisata, Nadar (kiri) saat berada di Puncak Barabantinggi. Destinasi itu kian ditata memanfaatkan DAK

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Satu lagi daerah tujuan wisata (DTW) di Pulau Kaledupa menjadi destinasi yang tak kalah menarik. Namanya Puncak Barabantinggi yang lokasinya tertinggi di pulau tersebut. Objek wisata itu dibangun melalui dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021 dan mulai kembali diperkenalkan Bupati Wakatobi, Haliana. Ia juga sekaligus mengajak pengunjung, baik domestik maupun mancanegara untuk bertandang ke Puncak Barabantinggi.

Haliana menjelaskan, Puncak Barabantinggi terletak Desa Palea Jamaraka, Kecamatan Kaledupa Selatan. Dataran tertinggi yang ada di pulau itu juga tempat berdirinya menara pandang yang bisa menyaksikan keindahan Kaledupa. Selain keindahan alam yang memukau, di desa ini juga merupakan kampung tenun yang sangat aktif memproduksi hasil kerajinan.

“Saya mau memperkenalkan destinasi wisata terbaru di Pulau Kaledupa lokasi tertinggi di pulau ini yakni Puncak Barabantinggi. Bukan hanya indah, lokasi ini juga merupakan kampung tenun. Tenunan yang sangat khas disini adalah Bokeh dan sudah terdaftar pada HAKI,” ujar Haliana, Minggu (22/5). Puncak Barabantinggi atau yang dikenal dengan Fungka Barabantinggi merupakan proyek DAK tahun lalu dengan lima titik kawasan parwisata di Kabupaten Wakatobi lainnya. Pekerjaan fisik proyek enam DTW tersebut dianggarkan sekira Rp 30 miliar. Diselesaikan tahun lalu dan mulai dimanfaatkan 2022 ini.

Selain Barabantinggi di Kaledupa, daerah lain yang juga mulai dikunjungi masyarakat lokal hingga domestik adalah DTW Puncak Tomia, One Melangka di Pulau Binongko, Marina Togo Mowondu di Pulau Wangi-Wangi dan lainya. (c/thy)

  • Bagikan