Rp 28 Miliar Danai Enam Paket Jalan di Wakatobi

  • Bagikan
Kamaruddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Enam paket pekerjaan jalan di Kabupaten Wakatobi pada tahun ini akan segera dikerjakan. Setelah proses tender proyek selesai, pembangunan akses transportasi pada tiga pulau itu ditarget dimulai pada bulan Juni atau Juli mendatang. Dari ketiga wilayah, Pulau Binongko mendapatkan jatah anggaran paling banyak untuk tahun 2022 ini.

Melalui dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi menganggarkan sekitar Rp 28 untuk pekerjaan jalan di Kaledupa dan Binongko. Sementara untuk Pulau Wangi-Wangi hanya mencapai Rp 600 juta saja untuk satu paket kegiatan.

Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamaruddin, menjelaskan, Pulau Binongko dan Kaledupa memiliki kondisi jalan yang tingkat pemantapannya paling rendah. Makanya banyak anggaran dialokasikan untuk peningkatan jalan di dua pulau ini. “Jadi kalau sudah selesai tender, maka tidak lama lagi akan terealisasi. Kalau tahun ini kan DAU lebih Rp 13 miliar dan DAK sebesar Rp 15 miliar. Maka totalnya kurang lebih Rp 28 miliar yang diprioritaskan di Kaledupa dan Binongko,” katanya, Selasa (10/5).

Bukan hanya fokus pada pembangunan jalan, target Pemkab Wakatobi untuk penyalaan listrik 24 jam di dua pulau ini pun terus diupayakan. Pasalnya, hingga saat ini masyarakat Pulau Kaledupa dan Binongko hanya menikmati listrik 12 jam atau pada malam hari saja.

"Kita upayakan hal yang sama juga dapat dinikmati masyarakat pada dua pulau tersebut, begitupun dengan pembangunan jalannya. Di Wangi-Wangi dan Tomia tingkat pemantapan jalannya sudah diangka 50 persen, sementara kalau di dua pulau lainnya baru sekitar 30 persen. Sehingga tahun ini kita fokus di Kaledupa dan Binongko,” tutup Kamaruddin. (c/thy)

  • Bagikan