Sulkarnain Kadir Safari Ramadan di Masjid Jami Al Mujahiddin

  • Bagikan
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan hadiah bagi pemenangan Musabaqah Hifzil Qur’an

Belajar Empati Terhadap Sesama

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Syiar Islam terus digaungkan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di bulan Ramadan 1443 hijriah. Lewat program safari Ramadan, orang nomor satu di Kendari ini berkeliling masjid menyapa warganya. Teranyar, Wali Kota menyapa jemaah Masjid Jami Al Mujahiddin di Kelurahan Anawai Kecamatan Wuawua.

Dalam ceramah singkatnya, Sulkarnain Kadir meminta jemaah untuk menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk belajar berempati terhadao sesama. Ia meminta jamaah belajar untuk merasakan penderitaan masyarakat yang kesulitan apalagi dalam suasana pandemi Covid-19.

"Mari kita latihan untuk merasakan bagaimana menahan lapar dan dahaga. Sehingga nantinya kita bisa lebih peka menyaksikan keadaan saudara-saudara kita dan bisa berempati kepada mereka," kata Sulkarnain Kadir.

Rasa empati kepada sesama sangat penting dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Apalagi kata Sulkarnain, Allah SWT telah mengingatkan dengan tidak dianggap keimanan seseorang mana kala ketika ia tertidur, masih ada saudara atau tetangganya yang masih kelaparan.

"Mari kita melapangkan dada kita, membuka hati kita untuk menyaksikan keadaan di sekeliling kita. Apalagi di situasi pandemi Covid-19 ini begitu banyak saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan. Yang mungkin sebelum pandemi sudah sulit hidupnya dan datangnya pandemi ini semakin menambah situasi yang mungkin tidak mudah untuk dilewati. Mari kita saling membantu," kata Sulkarnain Kadir.

Di sisi lain, Sulkarnain mengajak seluruh jemaah untuk senantiasa menunaikan zakat di bulan penuh berkah ini. Baik itu menunaikan zakat maal (harta) maupun zakat fitra yang sudah menjadi kewajiban umat muslim saat ramadan.

"Tidak ada orang yang jatuh miskin karena berzakat. Tidak ada orang yang sempit hidupnya karena menunaikan zakat. Karena dengan berbagi kepada sesamannya justru itu awal dari Allah SWT melimpahkan karunianya," ungkap Sulkarnain Kadir.

"Seperti janji Allah SWT, barang siapa suatu kaum beriman dan bertakwa kepada Allah SWT (salah satunya melalui zakat) maka Allah SWT akan menurunkan berkahnya dari arah yang tidak di diduga-duga," sambungnya. (b/ags)

  • Bagikan