Manfaatkan Lahan Pekarangan, Penuhi Kebutuhan Pangan

  • Bagikan
MANFAAT KAN LAHAN: Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru (keempat dari kiri) memerlihatkan buah melon yang dipanen pada lahan percontohan di pekarangan Kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat, kemarin. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)
MANFAAT KAN LAHAN: Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru (keempat dari kiri) memerlihatkan buah melon yang dipanen pada lahan percontohan di pekarangan Kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat, kemarin. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)MANFAAT KAN LAHAN: Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru (keempat dari kiri) memerlihatkan buah melon yang dipanen pada lahan percontohan di pekarangan Kantor Dinas Ketahanan Pangan setempat, kemarin. (ZULFADLY NUR/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Masih banyaknya lahan "tidur" di Kabupaten Kolaka, diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Salah satu caranya dengan menanam pada lahan pekarangan. Dengan begitu, maka warga tidak lagi mengeluarkan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

"Sayur-sayuran seperti tomat, cabai dan sayur sawi itu bisa ditanam pada lahan pekarangan. Jadi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli. Apalagi harga pangan sekarang sedang naik," kata Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru, saat menghadiri panen uji coba hidroponik buah melon di lahan percontohan Dinas Ketahanan Pangan, Minggu (17/3).

Dalam kesempatan itu, Andi Makkawaru juga mengapresiasi pihak Dinas Ketahanan Pangan yang menurutnya telah melaksanakan tugas dengan baik dalam menjaga ketersediaan pangan di Bumi Mekongga. Ia mengungkapkan, Dinas Ketahanan Pangan Kolaka gencar memberikan edukasi kepada masyarakat untuk pemanfaatan lahan pekarangan.

"Kami mengapesiasi kerja dari Dinas Ketahanan Pangan yang telah memanfatkan lahan pekarangannya untuk menanam tanaman hortikultura, sayur dan buah. Dengan begitu telah mengajak dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk memanfaaatkan lahan pekarangan dengan cara hidroponik. Kami harap kalau bisa semua kantor-kantor melaksanakan program seperti ini juga di pekarangan masing-masing," tuturnya.

Terkait ketersediaan pangan, menurut Andi Makkawaru Kabupaten Kolaka memiliki potensi yang besar. Sebab di otoritanya itu masih banyak lahan kosong yang belum dimanfaatkan. Untuk itu, ia mengajak warga agar memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam tanaman pangan yang biasa dikonsumsi.

"Kalau alasan menggunakan sistim hidroponik itu mahal, maka medianya bisa disederhanakan, seperti dengan mengganti pipa paralon dengan bambu. Sehingga biayanya lebih murah. Kami juga dari pemerintah bisa membantu untuk teknis maupun pembiayaan. Apalagi di sini ada beberapa OPD yang mendukung program seperti itu. Selain Dinas Ketahanan Pangan ada juga Dinas Perkebunan serta Dinas Tanaman Pangan. Jadi, mari manfaatkan lahan pekarangan dengan menanam dengan cara hidroponik," ajak Andi Makkawaru.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muhammad Azikin, menjelaskan, keuntungan dari sistim hidroponik dapat menampung tanaman lebih banyak. "Jadi hasil yang didapatkan itu juga akan lebih banyak. Seperti hasil panen melon yang kami tanam di lahan kantor kami ini," ujarnya. Kegiatan panen buah melon tersebut juga dihadiri Ketua PKK Kabupaten Kolaka Hj. Dety Erlinda Andi Makkawaru dan Asisten III Setkab Kolaka, Hj. Andi Wahidah. (b/fad)

  • Bagikan