Andi Nirwana Edukasi Majelis Taklim Tentang Pilar Kebangsaan

  • Bagikan
Anggota MPR RI Hj. Andi Nirwana menyerahkan buku empat pilar kebangsaan kepada Majelis Taklim di Bombana
Anggota MPR RI Hj. Andi Nirwana menyerahkan buku empat pilar kebangsaan kepada Majelis Taklim di Bombana

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Anggota MPR RI, Hj. Andi Nirwana Sebbu telah menyosialisasikan 4 Pilar di berbagai kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra). Jumat, 15 Maret 2024, Andi Nirwana kembali menyebarkan nilainilai luhur Pancasila, konstitusi negara, semboyan Bhinneka Tunggal Ika, dan semangat NKRI kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk anggota majelis taklim di Bombana.

Andi Nirwana mengungkapkan, Majelis Taklim, sebagai salah satu lembaga pendidikan keagamaan non formal, memiliki peran strategis dalam memperkokoh fondasi nilai-nilai kebangsaan di tengah-tengah kehidupan umat. Pemahaman yang diberikan kepada anggota Majelis Taklim, khususnya para ibu yang menjadi pilar kuat dalam keluarga dan masyarakat, bukan sekadar tentang agama, tetapi juga tentang bagaimana keberagaman dan kebhinekaan merupakan kekayaan yang harus dijaga bersama.

“Peran para ibu-ibu sangat besar dalam memberikan ilmu pengetahuan dan memperkuat silaturahmi antarwarga masyarakat,” ungkapnya.

Diakuinya, sosialiasi ini memberikan kesempatan bagi para anggota Majelis Taklim untuk mendalami arti dan makna dari Pancasila sebagai ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara, serta semboyan Bihneka Tunggal Ika yang menjadi perekat dalam keragaman budaya dan keyakinan. Hal ini juga menjadi momentum penting untuk mengingatkan bahwa keberagaman bukanlah pemisah, melainkan kekuatan yang bisa mempersatukan bangsa.

Selain itu, Majelis Taklim juga menjadi wadah silaturahmi yang sangat berharga dalam mempererat jalinan persaudaraan antar sesama warga masyarakat.

“Di sinilah nilai-nilai gotong royong, saling menghargai, dan kepekaan sosial dipupuk secara nyata. Para anggota Majelis Taklim tidak hanya diharapkan menjadi pemaham dan pengamal 4 Pilar dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga menjadi agen perubahan yang mampu menyebarkan semangat persatuan, kedamaian, dan harmoni di lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.

Andi Nirwana mengaku, melalui sosialisasi ini, diharapkan Indonesia semakin memperkuat fondasi persatuan dan kesatuan, serta membangun masyarakat yang damai, harmonis, dan penuh toleransi.

“Majelis Taklim Poleang Barat, bersama dengan seluruh warga masyarakat, dapat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan cita-cita luhur bangsa menuju Indonesia yang maju, berdaulat, adil, dan sejahtera,” pungkasnya. (idh/c)

  • Bagikan