Distanak Klaim Beras Lokal Surplus

  • Bagikan
La Ode Muhammad Rusdin Jaya

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengklaim stok beras lokal di Bumi Anoa masih tercukupi sampai jelang Idulfitri. Januari 2024 lalu, pemerintah panen 6.649 ton beras dan Februari 2024 sebanyak 7.953 ton.

Kepala Distanak Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya, mengatakan, pada Maret ini direncanakan pihaknya akan panen 17.368 ton beras dan April sekira 42.523 ton. Rusdin menuturkan, jika dilihat dari produksi Maret dan tingkat konsumsi Maret hingga April mendatang, untuk stok beras lokal masih akan surplus 17.556 ton.

“Jadi stok beras lokal yang ada dan belum termasuk stok dari Bulog. Artinya, stok produksi beras lokal saja kita sudah bisa mencukupi kebutuhan warga. Sehingga kita tidak perlu khawatir. Insya Allah ketersediaan beras bisa teratasi sampai dengan menjelang Idulfitri,” argumentasinya.

Mantan Karo Pembangunan Sultra itu menyampaikan, yang mempengaruhi target produksi di Sultra di antaranya Dampak Perubahan Iklim (DPI). Sehingga pihaknya melakukan pendekatan salah satunya di Kolaka Timur dan Kolaka mengantisipasi dengan kegiatan pompanisasi.

“Tim kami telah mengirimkan pompa untuk menyedot lokasi-lokasi yang terkena dampak banjir. Juga di Kementerian Pertanian ada kerjasama untuk gerakan pompanisasi massal seluruh Indonesia untuk mengantisipasi darurat banjir di beberapa titik. Sehingga kita berharap produksi sektor pertanian kita bisa tetap optimal,” pungkasnya. (rah/c)

  • Bagikan