Sukanto Gondol Penghargaan dari KemenLHK

  • Bagikan
RAIH PIALA ADIPURA : PJ Bupati Kolut Sukanto Toding mengangkat tropi Adipura di aula Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kemarin. (DISKOMINFO KOLUT FOR KENDARI POS)
RAIH PIALA ADIPURA : PJ Bupati Kolut Sukanto Toding mengangkat tropi Adipura di aula Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kemarin. (DISKOMINFO KOLUT FOR KENDARI POS)

-- Kolut Pertahankan Raihan Adipura

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding sukses mengulang prestasi pendahulunya. Asisten II Sekretariat Provinsi (Setprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini berhasil mengantar Kolut meraih Piala Adipura.

Ini merupakan kali ke delapan daerah berjuluk Bumi Patowonua menggondol supremasi kebersihan dan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK).

Orang nomor satu di Kolut ini mengaku bangga. Menurutnya, prestasi ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dan partisipasi aktif masyarakat Kolut dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Alhamdulillah, piala Adipura kategori kota kecil mampu dipertahankan. Penghargaan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antara seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Kolut dan masyarakat. Kontribusi yang aktif dari semua pihak telah mewujudkan harapan bersama akan kebersihan dan keindahan kota," ujar Sukanto Toding kemarin.

Pencapaian ini sambungnya, tak lepas program pemerintah dalam memenuhi semua aspek standar penilaian Adipura. Mulai gerakan kerja bakti di pasar, pembenahan saluran drainase, perbaikan lingkungan di sekolah-sekolah hingga menata taman hutan kota.

Di sisi lain lanjut Pj Bupati, keberhasilan ini tak lepas dari adanya inovasi dan upaya berkelanjutan dalam peningkatan kualitas lingkungan. Sejauh ini, pemerintah berkomitmen terus bekerja keras dan mengimplementasikan program-program yang berkelanjutan guna menjaga keindahan alam dan keberlanjutan lingkungan hidup.

“Saya berharap penghargaan ini harus menjadi penyemangat untuk terus bekerja maksimal. Kalau bisa, upaya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di masa mendatang harus ditingkatkan. Dengan begitu, raihan Adipura bisa terus dipertahankan,” harap mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sultra. (mal)

  • Bagikan