Penataan Wajah Kota jadi Prioritas

  • Bagikan
TATA WAJAH KOTA : Anjungan Teluk Kendari menjadi salah satu program penataan wajah kota. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai menyusun RKPD 2025. Tahun depan, program kerja pemerintah diprioritaskan pada penyediaan infrastruktur dan penataan wajah kota. (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
TATA WAJAH KOTA : Anjungan Teluk Kendari menjadi salah satu program penataan wajah kota. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai menyusun RKPD 2025. Tahun depan, program kerja pemerintah diprioritaskan pada penyediaan infrastruktur dan penataan wajah kota. (MUHAMMAD ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

-- RKPD 2025 Mulai Disusun

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahun anggaran 2024 baru memasuki bulan ketiga. Namun begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mulai merancang program kerja tahun depan. Saat ini, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Kendari tahun 2025 mulai disusun. Hasilnya, tahun depan Pemkot masih fokus pada penyediaan infrastruktur perkotaan.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup mengatakan penyediaan infrastruktur perkotaan, perumahan dan pemukiman khususnya terkait pembenahan wajah Kota Kendari merupakan salah satu isu strategis pembangunan daerah.

“Isu ini merupakan usulan prioritas dalam Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat kelurahan dan kecamatan se-Kota Kendari yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu serta usulan reses DPRD,” ungkap Muhammad Yusup pada kegiatan Forum Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Tahun 2025 di PlazaInn Kendari, kemarin.

Melalui forum perangkat daerah ini, Yusuf berharap bisa menyempurnakan rancangan awal rencana kerja (Renja) perangkat daerah. Di sisi lain, menjadi rancangan rencana kerja pemerintah daerah RKPD Kota Kendari tahun 2025.

"Kita harus konsisten dengan apa yang sudah kita rumuskan mulai dari kelurahan hingga di tingkat nasional, jangan dibelok-belokan. Jalankan (pembangunan) sesuai rencana,” ungkap Yusup.

Selain pembangunan infrastruktur, pihaknya juga fokus pada pembangunan Sumber Daya manusia (SDM), kebudayaan dan pariwisata. “Kita juga fokus pada peningkatan daya saing ekonomi, kualitas lingkungan, adaptasi perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana, serta pembinaan ideologi, tata kelola kependudukan dan reformasi birokrasi,” bebernya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Kendari, Cornelius Padang mengatakan, tujuan pelaksanaan forum perangkat daerah yaitu untuk melakukan penyelarasan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kota Kendari tahun 2025 dalam rancangan awal penyusunan RKPD.

Di tahun 2025 lanjut dia, Pemkot Kendari tetap berfokus pada peningkatan penataan infrastruktur perkotaan yang ramah lingkungan dan tanggap bencana, penataan birokrasi, pelayanan publik yang efektif berbasis teknologi.

Selain itu, Pemkot Kendari mulai menerapkan rencana kerja berbasis rincian anggaran, hal ini diharapkan akan berdampak langsung pada masyarakat.

"Ini memang sudah menjadi arahan Kemendagri dan juga arahan dari Korsupgah KPK. Jadi mulai dari tahun 2025 mendatang kita sudah akan menyusun perencanaan itu sudah berbasis rincian anggaran, sehingga nantinya akan langsung kelihatan, program kegiatan apa dan besaran anggarannya sekian dan dampaknya kepada masyarakat seperti apa ketika anggaran tersebut dialokasikan jadi tidak lagi berbasis gelondongan," pungkas Cornelius. (b/ags)

  • Bagikan