Gali Potensi Mahasiswa, Pendidikan Geografi UHO Terapkan Case Method

  • Bagikan
Suasana seminar yang diikuti mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHO. (PENDIDIKAN GEOGRAFI UHO FOR KENDARI POS)
Suasana seminar yang diikuti mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHO. (PENDIDIKAN GEOGRAFI UHO FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa, di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo (FKIP UHO) menerapkan pembelajaran yang berbasis Case Method dan Project. Metode tersebut dinilai dapat menggali potensi yang dimiliki mahasiswa.

untuk meningkatkan SDM mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHO, itu harus menggunakan pembelajaran yang berbasis Case Method dan Project. "Jadi dosen harus merubah konsep mengajar dari ceramah ke model Case Method dan Project agar mahasiswa bisa menggali potensi yang ada dalam diri mereka sendiri," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pembelajaran Case Method dan Project merupakan salah satu upaya untuk implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ada dua metode pembelajaran yang digunakan dalam sistem MBKM, yaitu case method dan project. Dalam metode pembelajaran case method mahasiswa tidak hanya mampu memahami, namun juga diharapkan bisa menganalisis dan mengevaluasi studi kasus yang berkaitan dengan topik pembelajaran. "Sedangkan metode project adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicapai oleh mahasiswa," ungkap Amaluddin.

Case method memiliki kelebihan, seperti pelibatan mahasiswa secara aktif mengembangkan keterampilan berpikir yang sangat tinggi. Selain itu, pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa akan lebih meningkat. Sehingga pembelajaran lebih bermakna dan mahasiswa dapat merasakan manfaat dari pembelajaran sebab berbagai masalah yang diselesaikan berkaitan dengan kehidupan nyata. "Dengan metode ini, mahasiswa akan mampu menyelesaikan sebuah masalah," katanya.

Ia pun meyakini bahwa melalui kedua metode tersebut, kualitas SDM mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP UHO dapat ditingkatkan.

"Pasalnya pembelajaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan mereka, dan sesuai dengan kompetensi mereka. Dan yang paling penting adalah kompetensi mereka akan lebih meningkat, mengingat pembelajaran yang dilakukan berbasis kasus. Selain itu, kita juga biasanya menggelar seminar atau kuliah umum dengan melibatkan instansi terkait dalam menambah wawasan mahasiswa," tandas Amaluddin. (win/b)

  • Bagikan