ASN Ditantang Kembangkan Tata Kota

  • Bagikan
Bupati Butur, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah
Bupati Butur, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah

KENDARIPOD.CO.ID --Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) ditantang memiliki kepekaan terhadap tugas-tugas pokok, khususnya dalam rencana pengembangan kota. Tuntutan tersebut dilontarkan Bupati Butur, Dr. H. Muh. Ridwan Zakariah.

“Walaupun disiplin waktu sudah baik, tetapi kualitasnya perlu ditingkatkan. Terutama kehadiran pada moment-moment tertentu, agar dapat menjadi contoh yang baik. Para pimpinan OPD harus mampu menjadi teladan bagi bawahan. Sebab sekalipun kita sudah memberi contoh yang baik, belum tentu bawahan akan melaksanakannya. Apalagi jika tidak memberi contoh. Saya melihat masih ada pimpinan OPD yang kurang peduli dalam membangun sinergi penegakan disiplin ini,” sindir Butur-1 tersebut, kemarin.

Ia memberi contoh terkait pelaksanaan tugas-tugas pokok ASN khususnya dalam pengelolaan kota, mulai dari penataan, kebersihan, keamanan maupun kenyamannya.

“Namun kecuali diperintahkan, baru dilakukan. Padahal sudah ada OPD yang punya Tupoksi untuk itu, sehingga tidak perlu dengan kerja bakti. Sebab telah ada anggaran rutin untuk menyelesaikan hal tersebut,” sambungnya, mengingatkan.

Menurut Ridwan Zakariah, jika ASN keluar Butur, harusnya perlu mencontoh kondisi daerah lain yang baik dalam penataan kota, taman, pengelolaan lapangan maupun area ruang terbuka hijau. Sehingga saat kembali ke Butur, dapat diimplementasikan.

“Untuk membekali ASN terkait pengelolaan tata ruang yang baik, Kadis PU selaku penanggung jawab teknis dapat merancang Bimtek bagi ASN untuk mengerti apa yang harus dilakukan dalam penataan ruang di daerah kita. Pengelolaan kota ini penting bagi masyarakat karena mereka yang membayar pajak untuk membangun daerah dan akan menikmati,” instruksinya. (c/had)

  • Bagikan