Bupati Buka Pelaksanaan MTQ

  • Bagikan
PEMBUKAAN MTQ: Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga saat membuka MTQ ke-18 tingkat Kabupaten Konsel, kemarin. (PROKOMPIM KONSEL FOR KENDARI POS)
PEMBUKAAN MTQ: Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga saat membuka MTQ ke-18 tingkat Kabupaten Konsel, kemarin. (PROKOMPIM KONSEL FOR KENDARI POS)

--Harap “Lahir” Qori dan Qoriah Terbaik Perwakilan Daerah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Lantunan kalamullah menggema di langit Kabupaten Konawe Selatan. Qori dan qoriah bakal bersaing menjadi yang terbaik pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Tak hanya menjadi terbaik, lomba itu merupakan upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al quran, supaya dijadikan sebagai pedoman hidup.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-18 tingkat Kabupaten, di Kecamatan Konda selaku tuan rumah, Selasa (5/3). Turut didampingi Wakil Bupati Konsel, Rasyid dan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo.

Bupati dua periode itu mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan agenda rutin pemerintah tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan.

“Pelaksanaan MTQ merupakan agenda rutin yang digelar tiap tahun, dalam rangka menjaring qori dan qoriah yang akan mengikuti MTQ tingkat provinsi,” kata Surunuddin dalam giat yang mengambil tema meneguhkan pengamalan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Konawe Selatan sejahtera, unggul, amanah, dan religius. Konsel-1 tersebut menyebut, salah satu tujuan Allah subhanahu wa ta’ala menurunkan kitab suci Alquran ke dunia, sebagai bacaan utama sekaligus petunjuk jalan yang lurus. Serta menjadi pedoman bagi umat Islam di muka bumi ini.

“Dengan demikian, membaca dan mengamalkan Alquran merupakan, bagian dari beribadah kepada Allah SWT. Ditambah dengan mempelajari, mendalami, dan mengambil hikmah dari nilai-nilai yang terkandung di dalamnya,” ungkapnya.

Dikatakan, Alquran merupakan, ilmu yang secara langsung diberikan Allah SWT kepada semua hambanya, guna memenuhi isi hati. Yang diucapkan secara lisan dan diwujudkan dalam tingkah laku, perbuatan sehari-hari.

“Saya mengajak seluruh umat Islam, mari kita senantiasa menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Alquran,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya mengapresiasi dan menaruh penghargaan setinggi-tingginya atas terlaksananya MTQ ke-18 Kabupaten Konawe Selatan.

“Saya berpesan kepada qori dan qoriah untuk menunjukkan kemampuannya, sehingga melahirkan juara yang mewakili kabupaten di tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan hasil yang terbaik,” pungkasnya. (b/ndi)

  • Bagikan