Tingkatkan Literasi Warga, Hadirkan Perpustakaan Keliling

  • Bagikan
Kepala DPA Konkep, Danyal
Kepala DPA Konkep, Danyal

KENDARIOS.CO.ID -- Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus yang terus direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) dalam membangun daerah berjuluk Pulau Kelapa itu. Duet Bupati, H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi, mencetuskan visi Wawonii Bangkit untuk mewujudkan peningkatan SDM dimaksud.

Dalam mendukung program tersebut, pihak melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Konkep membuat program perpustakaan keliling. Kepala DPA Konkep, Danyal, mengatakan, pelayanan perpustakaan keliling tersebut telah digelar sejak 26 Februari 2024 lalu di Lapangan TPI Langara, Kecamatan Wawonii Barat.

“Allhamdulilah program yang telah digagas dari tahun sebelumnya ini, telah berjalan. Perpustakaan keliling ini kami laksanakan bergilir pada setiap kecamatan. Mobil perpustakaan keliling ini akan ditempatkan di lokasi terbuka setiap desa, mulai pukul 15.00 sampai 17.00 Wita,” jelas Danyal, Jumat (1/3).

Ia mengungkapkan, program perpustakaan keliling dihadirkan untuk meningkatkan minat baca dan kreativitas masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Untuk menarik minat, pihaknya menghadirkan buku-buku bacaan bervariasi dan yang bersentuhan dengan pekerjaan serta kreativitas masyarakat pada semua bidang.

“Ada ribuan buku yang diangkut dalam perpustakaan keliling ini, disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masyarakat semua kalangan. Sementara untuk pegawai pelaksanaan kegiatan di lapangan itu kita ambil dari DPA Konkep, staf dan pegawai harian lepas. Selain itu kami juga melibatkan koordinator perpustakaan desa dan pojok baca yang ada,” ungkapnya.

Danyal berharap dengan adanya perpustakaan keliling tersebut bisa meningkatkan minat baca masyarakat. Selain itu untuk memerkenalkan jika DPA Konkep sudah memiliki perpustakaan lengkap dengan buku-buku bacaan bervariasi. “Perpustakaan keliling ini hadir untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses buku-buku bacaan. Ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab dalam menjawab visi dan misi kepala daerah yakni Wawonii Bangkit untuk meningkatkan kualitas SDM secara merata pada seluruh desa yang ada di Konkep,” pungkas Danyal. (c/jib)

  • Bagikan