4 Puskesmas Naik Level Akreditasi

  • Bagikan
Pj.Bupati Buton Drs. La Ode Mustari melakukan kunjungan kerja di kecamatan menyempatkan diri mengunjungi fasilitas kesehatan.
Pj.Bupati Buton Drs. La Ode Mustari melakukan kunjungan kerja di kecamatan menyempatkan diri mengunjungi fasilitas kesehatan.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah puskesmas di Kabupaten Buton menuai hasil positif setelah menjalani reakreditasi Desember lalu. Dari 15 puskesmas yang diakreditasi, 4 puskesmas naik level. Itu merupakan buah kerja keras dan kolaborasi seluruh elemen terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Syafaruddin mengatakan hasil akreditasi cukup memuaskan. Sebab target naik level mampu dicapai.

“Barangka Paripurna atau bintang 5, Tuangila Madya atau bintang 3, Banabungi utama atau bintang 4, dan Wolowa juga utama,” katanya.

Sebelumnya, hanya ada tiga puskesmas di Buton dengan status akreditasi utama. Yakni Puskesmas Kumbewaha, Wajah Jaya dan Lewele.

Untuk diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 46 Tahun 2015, akreditasi puskesmas dibagi menjadi lima. Yakni tidak terakreditasi, terakreditasi awal, madya, utama, dan paripurna. Struktur standar akreditasi puskesmas terdiri dari 9 Bab, 42 standar, 168 kriteria, dan 776 elemen penilaian. Beberapa hal yang dinilai antara lain standar administrasi dan manajemen, standar program puskesmas, kompetensi tenaga kesehatan, kebersihan, hingga pelayanan.

“Nah, pada level akreditasi paripurna, setiap bab harus dapat nilai lebih dari atau sama dengan 80 persen. Alhamdulilah Barangka sudah mencapai itu,” tutupnya. (lyn/b)

  • Bagikan