Pemilu di Sultra Tertib dan Lancar

  • Bagikan
Ketua KPU Sultra Asril (kiri) mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto blusukan meninjau proses pemungutan suara Pemilu 2024 di sejumlah TPS di Kota Kendari, Rabu (14/2/2024). Tampak Ketua KPU Sultra Asril dan Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mampir di TPS 02 Punggaloba.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 secara umum berjalan tertib, lancar dan kondusif di Kota Kendari. Situasi itu terpantau dalam blusukan Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kendari, Rabu (14/2/2024). Pj Gubernur Andap tak sendiri. Ia didampingi Ketua KPU Sultra Asril dan Ketua Bawaslu Sultra Iwan Rompo serta sejumlah pejabat Forkopimda Provinsi Sultra.

"Saya bersama beberapa pejabat Forkopimda meninjau langsung beberapa TPS di Kota Kendari seperti di TPS 16 Mandonga dan beberapa TPS lainnya. Semua berjalan lancar," ujarnya kepada Kendari Pos.

Asril mengapresiasi semangat dan partisipasi masyarakat dalam Pemilu tahun ini. Berdasarkan hasil pantauannya, masyarakat sangat senang menyalurkan hak pilihnya di TPS untuk memilih calon presiden dan calon wakil presiden, serta calon legislatif (Caleg) DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota.

"Hasil pantauan kita di Kota Kendari, pemungutan suara berjalan baik dan lancar. Nanti saya akan menanyakan kepada teman-teman yang ada di kabupaten/kota,tetapi sampai hari ini masih berjalan kondusif sesuai rencana awal," terang Asril.

Dikatakan, sebelum melakukan pemungutan suara Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) harus melakukan perhitungan surat suara yang ada, kemudian dimasukkan dalam berita acara. "Penghitungan itu untuk menyamakan jumlah antara surat suara yang ada dengan jumlah daftar pemilih di masing-masing TPS," kata Asril.

  • Bagikan