Andap : Animo Pemilih Relatif Tinggi

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (kanan) didampingi Sekda Sultra Asrun Lio dan Ketua KPU Sultra Asril saat meninjau pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024 di salah satu TPS di Kota Kendari, Rabu (14/2/2024).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) digelar 14 Februari 2024 kemarin. Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto meninjau aktivitas pemungutan suara wajib pilih pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Kendari, Rabu (14/2/2024). Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengatakan animo masyarakat pada Pemilu 2024 di Kota Kendari relatif tinggi.

Hal itu ditandai dengan tingkat kehadiran masyarakat pada masing-masing TPS yang dikunjungi Pj Gubernur Andap. "Alhamdulillah, kami melihat antusiasme masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya relatif tinggi. Masyarakat juga terlihat gembira saat mencoblos. In Sya Allah semoga pesta demokrasi tahun ini dapat berjalan aman, damai, dan kondusif sampai akhir kegiatan," ujar Pj Gubernur Andap saat meninjau aktivitas Pemilu di TPS 02 Kelurahan Pondambea, Kecamatan Kadia, Kota Kendari.

Pj Gubernur Andap menyampaikan akan terus intens koordinasi dengan Ketua KPU dan Bawaslu Sultra serta pengamanan Pemilu untuk memastikan tidak terjadi permasalahan berarti.

"Kami juga akan intens berkoordinasi untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Sultra dapat berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif. Apalagi di tengah anomali cuaca saat ini, mengingat data BMKG, terdapat beberapa kabupaten berpotensi hujan yakni di Kolaka, Kolaka Utara, Buton, Buton Utara, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kabupaten Wakatobi," tutur Pj Gubernur Andap.

Dalam upaya memastikan keamanan dan kondusivitas wilayah dalam pemungutan suara Pemilu, Pj Gubernur Andap blusukan dari 1 TPS ke TPS lain di Kota Kendari. Ia didampingi Sekda Sultra Asrun Lio, Danrem 143/HO, Kajati Sultra, Kabinda Sultra, Karo Ops Polda Sultra, Danlanal Kendari, dan Danlanud Halu Oleo (HLO). Selain itu, turut mendampingi Ketua KPU Sultra, Ketua Bawaslu Sultra, Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra, para Asisten Setda Sultra, Tim Pemantau Pemilu dari Kemendagri dan BSSN.

Pj Gubernur Andap meninjau TPS dimulai dari TPS 02 Kelurahan Pondambea yang juga menjadi lokasi pencoblosan Kepala Kejati Sultra. Selanjutnya, rombongan bergeser ke TPS 07 Kelurahan Watubangga. TPS ini cukup menarik mengingat dekorasinya serba pink dengan nuansa hari valentine.

Pj Gubernur dan rombongan selanjutnya menuju ke TPS 14 di seputaran Baruga. Lalu, meninjau pemilu di TPS 02 Punggaloba. Di TPS itu, Pj Gubernur Andap kagum dengan desain TPS layaknya pesta resepsi pernikahan.

"Saya apresiasi Pak Ketua RW yang telah menyulap halaman samping rumahnya menjadi TPS yang sangat unik dengan konsep seperti resepsi pernikahan. Ketua KPU menyampaikan besaran anggaran pendirian TPS, namun dengan alokasi anggaran sejumlah itu dapat didirikan TPS seperti ini. Sangat kreatif," kata puji Pj Gubernur Andap.

Tuntas meninjau di kawasan Baruga dan Punggaloba, kunjungan pj Gubernur Andap dilanjutkan ke Kelurahan Gunung Jati. Disana, Pj Gubernur Andap menyambangi TPS 06 Kandai, TPS 02 dan 17 Kelurahan Gunung Jati.

"Apakah bapak dan ibu sudah mencoblos? Jangan lupa untuk menyalurkan hak politiknya ya !" sapa Pj Gubernur kepada sejumlah masyarakat yang ditemui. Ia juga sempat menyapa para pemilih dan petugas KPPS di TPS 08 dan TPS 23 Korumba yang terletak di tengah-tengah Kota Kendari. (rah/b)

  • Bagikan