Jalan Haluoleo Dirancang Dua Jalur

  • Bagikan
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul.
Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul.

--Dokumennya Masuk Proses Review

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Keluhan pengguna jalan yang melintas di sepanjang jalan Haluoleo disahuti. Tahun 2024 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memperbaiki jalur perkantoran menuju Nanga-nanga. Saat ini, pembiayaannya telah dialokasikan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Pahri Yamsul mengaku telah menyusun rencana perbaikan jalan Haluoleo. Ini bagian dari langkah pemerintah dalam upaya meningkatkan infrastruktur transportasi. Total anggarannya sekitar Rp 6 miliar.

"Kita akan perbaiki jalan rusak di jalur perkantoran gubernur menuju Nanga-nanga. Panjang ruas jalan yang akan ditangani kurang lebih lima kilometer (km). Semoga prosesnya berjalan lancar," ujar Pahri Yamsul kepada Kendari Pos, Selasa (13/2).

Menurutnya, perbaikan jalan tersebut akan dilakukan dengan mengikuti desain yang telah disiapkan. Target utamanya, jalur ini akan mengunakan dua jalur.

"Kita akan fokus untuk kedua jalur. Sekarang, tahapannya sementara di review inspektorat. Setelah itu, baru akan segera kita lelang. Begitu lelang selesai dan kontrak sudah ada maka akan langsung kita kerja," jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra ini memperkirakan proses lelang dan kontrak selesai pada bulan Maret. Namun semuanya tergantung tahapannya. Jika tidak kendala, prosesnya bisa diundur.

"Jadi, semua tergantung hasil lelang. Kalau tidak ada yang sanggah, kita segera tayang," ujar Pahri Yamsul.

Dengan perbaikan jalan ini, arus transportasi di daerah tersebut akan semakin lancar. "Harapan kami untuk masyarakat tolong infrastruktur yang telah buat agar dijaga, dengan tidak merusak jalan atau menggali pipa. Jadi bila itu dilakimukan maka perlu koordinasi ke kami," paparnya. (c/rah)

  • Bagikan