Wakatobi Upaya Wujudkan Hilirisasi Rumput Laut

  • Bagikan
Pemkab Wakatobi dan Tim PDSPKP KKP menggelar running test RPRL, sebelum itu dilakukan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Kepala DKP Wakatobi, Saoruddin
Pemkab Wakatobi dan Tim PDSPKP KKP menggelar running test RPRL, sebelum itu dilakukan rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Kepala DKP Wakatobi, Saoruddin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bersama Tim Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Koperasi Selat Sempo dan Penyuluh Perikanan Wilayah Kerja (wilker) Wakatobi melakukan Running Test Rumah Pengering Rumput Laut (RPRL) di Desa Numana.

Kegiatan yang akan berlangsung 23-25 Januari 2024 itu diawali dengan rapat koordinasi (rakor) program implementasi hilirisasi usaha rumput laut. Kepala DKP Wakatobi, Saoruddin berharap sesuai arahan Bupati Wakatobi, H Haliana bahwa modelling hilirisasi rumput laut ini akan menjadi role mode pengelolaan perikanan berkelanjutan. “diharapkan role mode pengelolaan perikanan berkelanjutan dan menjadi energi Wakatobi sentosa,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Kerja Hilirisasi dari KKP menjelaskan koperasi harus menyiapkan tim kerja yang bagus sesuai divisi. Mulai dari hulu sampai hilirnya. Dengan hilirisasi rumput laut tersebut, pihaknya akan selalu siap mendukung untuk pendampingan kelembagaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha perikanan di Kabupaten Wakatobi.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Penguatan Daya Saing dan Pemasaran Hasil Perikanan (PDSPHP), DKP Wakatobi, Hardin menyampaikan sebelum running test sudah disepakati bersama roadmap dan rencana kerja hilirisasi untuk tahun 2023. "Tim PDS KKP melihat kesiapaan Gudang SRG. Kita berharap semoga tahun ini Gudang SRG dapat dimanfaatkan untuk mendukung hilirisasi rumput laut. (thy/b)

  • Bagikan