KPU Ajukan Ganti Surat Suara Rusak

  • Bagikan
SORTIR: Penyortiran sampul oleh staf KPU
SORTIR: Penyortiran sampul oleh staf KPU

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sortir dan liput surat suara pemilu di Kabupaten Muna telah tuntas dilakukan. Kerusakan ratusan surat suara yang ditemukan KPU setempat, telah diajukan untuk diganti kepada penyedia.

Ketua KPU Muna, la Ode Muh. askar adi Jaya mengatakan surat suara rusak itu ditemukan untuk calon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi hingga DPRD Muna.

Kerusakan pada surat suara, pihaknya sudah ajukan pergantian ke KPU provinsi dan pihak percetakan (penyedia). “Kita sudah minta pemenuhannya melalui aplikasi sistem informasi logistik dan sudah terkoneksi langsung dengan penyedia logistik surat suara,” ujar askar.

Sementara itu, Kasubag Keuangan Umum dan logistik KPU Muna, Wa Ode Muliati Hariki menjelaskan, kerusakan pada surat suara disebabkan adanya bercak tinta warna dan lambang partai tidak jelas atau buram.

Untuk surat suara rusak pada calon presiden dan wakil presiden sebanyak 10 lembar, DPR RI rusak 32 lembar, DPD 22 lembar, DPRD provinsi 139 lembar dan DPRD kabupaten/kota rusak sebanyak 92 lembar. “Kerusakan dan kekuran- gan surat suara, sudah dilaporkan ke pihak penyedia. Untuk total keseluruhan yang rusak dari surat suara rusak 295,” ungkapnya.

Diketahui, logistik yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024 sudah lengkap. logistik yang belum dilakukan penyortiran yakni surat suara pungutan suara ulang pada DPRD kabupate, namun akan dilakukan penyortiran pekan ini. (deh/c)

  • Bagikan