Butolo Sidak Rumah Pejabat, Tapi Kosong

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo melakukan Sidak rumah pejabat di Mubar. Tampak La Ode Butolo mendatangi rumah tempat tinggal salah seorang pimpinan OPD. (Akhirman/Kendari Pos)
Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo melakukan Sidak rumah pejabat di Mubar. Tampak La Ode Butolo mendatangi rumah tempat tinggal salah seorang pimpinan OPD. (Akhirman/Kendari Pos)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Aksi La Ode Butolo, memastikan aparatur sipil negara (ASN) berdomisili di Muna Barat (Mubar) bikin geleng-geleng kepala. Pj bupati Mubar itu melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke kediaman pejabat eselon dua, kemarin (15/1).

Tiga rumah pejabat yang diketahui alamatnya, ia datangi satu-persatu. Indekos yang dikabarkan dihuni salah satu pejabat, ia sambangi namun tak menemui siapapun. Butolo juga menyasar salah satu perumahan ASN yang dihuni oknum kepala OPD, ternyata rumah itu telah didiami orang lain.

“Mereka tidak ada di tempat. Katanya sementara di kantor, tetapi ini indekos kelihatan seperti tidak di-tempati. Lihat saja, halamnya kotor sekali,” kata La Ode Butolo di tengahtengah melakukan Sidak.

Dia melanjutkan Sidak di Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) dan mendatangi Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Desa Wulanga Jaya, yang diketahui merupakan tempat tinggal salah seorang pejabat eselon dua. Alhasil, gedung itu kosong. “Sebenarnya tidak ada alasan bagi mereka (kepala OPD, red) untuk tidak punya rumah di Mubar. Karena mereka sudah lama menjadi pejabat di sini,” ucapnya.

Ia menyarankan pejabat eselon dua yang tidak punya rumah dan tidak tinggal di Mubar agar menaggalkan jabatan. “Atau kita pulangkan di daerah, di mana ia memiliki rumah,” sambungnya.

Ia, menambahkan Sidak rumah ASN Mubar masih akan dilakukan. Para pejabat yang dicurigai tidak tinggal di Mubar akan dicek langsung kebenarannya. “Untuk sanksi bagi pejabat yang tidak memiliki rumah dan tidak tinggal di Mubar, saya masih akan koordinasikan dengan pak Sekda dan Inspektorat. Inspektur punya kewenangan untuk memberikan rekomendasi,” pungkasnya. (ahi/b)

  • Bagikan