Bupati Koltim Ajak Kades Sinergi Membangun Daerah

  • Bagikan
Abdul Aziz
Abdul Aziz

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis mengajak seluruh kepala desa (Kades), supaya sinergi membangun daerah. Menurut Azis, pemerintah desa merupakan ujung tombak pemerintahan, sehingga dibutuhkan kerja sama dan sinergi dalam membangun daerah, kearah yang lebih maju.

“Sinergi dibutuhkan, supaya ada kesinambungan pembangunan dari atas hingga ke tingkat bawah,” ujar Abdul Azis, kemarin.

Mantan Wakil Bupati Koltim ini menjelaskan, Pemkab Koltim telah mengalokasikan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2023 untuk alokasi dana desa (ADD). Anggaran tersebut, ditujukan untuk penghasilan tetap perangkat desa sesuai dengan peraturan nomor 11 tahun 2019, setara pegawai negeri sipil (PNS) golongan IIa.

Tak hanya itu, Pemkab Koltim juga menyediakan fasilitas kendaraan operasional desa. Hal ini untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Kami juga memberikan insentif bagi lembaga adat. Rencana tahun ini, juga akan meningkatkan insentif bagi imam desa, guru ngaji, dan lembaga masyarakat. Pemkab akan meningkatkan penghasilan tetap kepala desa dengan memperhatikan keuangan daerah,” jelasnya.

Terpisah, Plt Kepala DPMD Koltim, Kusram Maroli mengatakan, pertemuan kepala desa, aparat desa, lembaga adat desa untuk menjalin sinergi, sekaligus menyaksikan dana desa tahun 2024.

“Pemdes merupakan ujung tombak pemerintahan sehingga dibutuhkan kerja sama dan sinergi membangun daerah ini,” imbuhnya. (b/kus)

  • Bagikan