Fokus Tingkatkan Pendidikan dan Fasilitas

  • Bagikan
Dr. Muh. Rasman Manafi
Dr. Muh. Rasman Manafi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Langkah tersebut sebagai upaya dalam mengatasi ketimpangan sosial dan ekonomi. Anggaran minimal 20 persen dalam APBD dialokasikan, sesuai amanat UUD 1945 pasal 31 ayat 4 dan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

“Pemerintah tetap berkomitmen dalam pengelolaan dan pengembangan sektor pendidikan, termasuk penyusunan kurikulum lokal yang inovatif dan relevan. Pada tahun 2023, Baubau telah mengembangkan 68 kurikulum lokal. Ini meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya,” jelas Pj Wali Kota Baubau, Dr. Muh. Rasman Manafi, Rabu (20/12).

Ia memaparkan, program peningkatan fasilitas mencakup Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dengan total satuan pendidikan mencapai 171 unit. Upaya tersebut untuk mendukung kualitas pendidikan di Kota Baubau dan terlihat dari angka harapan lama sekolah (HLS) yang terus meningkat.

“Selain fokus pada pendidikan, Pemkot juga mengalokasikan anggaran untuk sektor kesehatan dan infrastruktur. Ini dalam rangka menciptakan keseimbangan pembangunan lintas sektor,” sambung Baubau-1 tersebut. Rasman Manafi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan sebagai dasar pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif. (c/lyn)

  • Bagikan