Desa Mandike, Dulu Gulita Kini Terang

  • Bagikan
Pj Bupati Mubar,Bahri (kanan), Sekretaris Kabupaten (Sekab) Mubar, LM. Husein Tali (kiri) berpose usai meresmikan penggunaan PLTS di Desa Mandike, Pulau Beto, Mubar. (Akhirman/Kendari Pos)
Pj Bupati Mubar,Bahri (kanan), Sekretaris Kabupaten (Sekab) Mubar, LM. Husein Tali (kiri) berpose usai meresmikan penggunaan PLTS di Desa Mandike, Pulau Beto, Mubar. (Akhirman/Kendari Pos)

-- Pj Bupati Mubar Resmikan Penggunaan PLTS di Desa Mandike

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Keluhan masyarakat Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Selatan, Pulau Bero Kabupaten Muna Barat (Mubar) tak pernah dialiri listrik akhirnya terjawab. Penjabat (Pj) Bupati Mubar Bahri merealisasikan program pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di desa itu. Kini Desa Mandike yang dulunya gulita menjadi terang saat malam hari.

Alhamdulillah program pembangunan PLTS tuntas dan terealisasi dengan baik. Semoga dengan bantuan listrik ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat,” kata Bahri.

Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri itu menambahkan bantuan PLTS yang dibangun di Desa Mandike berkapasitas 20 kilo Watt peak (kWp). Dengan sumber anggaranya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mubar senilai Rp 4 miliar.

“Selama ini masyarakat Desa Mandike belum menikmati aliran listrik. Untuk mendapatkan cahaya listrik mereka gunakan biaya sendiri dengan mengadakan mesin genset. Makanya hari ini Mubar hadir dengan bantuan PLTS sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat,” tutup orang nomor satu di Mubar itu.

Sementara itu, Kepala Desa Mandike, Muhammad Kasim memuji Pj Bupati Mubar, yang telah memberikan bantuan pembangunan PLTS. Alasanya persoalan listrik sudah lama dikeluhkan masyarakat. “Alhamdulillah hari ini keluhan kami terjawab oleh Pj Bupati Mubar. Kami ucapkan terimakasih,” ucapnya.

Muhamad Kasim menambahkkan, Bahri benarbenar sosok yang perduli dengan kondisi masyarakatnya. Hal itu terbukti dengan salah satu program PLTS yang dibangun yang merupakan salah kebutuhan dasar masyarakat.

“Persoalan listrik ini telah dikeluhkan sejak dahulu oleh masyarakat. Alhamdulillah saat Pak Bahri berkujung ke Desa Mandike dan melihat Desa Mandike dalam keadaan gelap gulita di malam hari, maka saat itu dia sampaikan akan turunkan bantuan PLTS. Hari ini ucapan itu diwujudkan. Makanya kami sangat berterimkasih,” pungkasnya. (ahi/b)

  • Bagikan