BPSDM Dorong ASN Lebih Berkualitas

  • Bagikan
Kepala BPSDM Sulta Syahruddin Nurdin (kiri).
Kepala BPSDM Sulta Syahruddin Nurdin (kiri).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pasalnya, ASN merupakan motor penggerak bagi organisasi pemerintahan dalam memberikan pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong peningkatan kapasitas dan kualitas agar lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai abdi negara.

Kepala BPSDM Sultra Syahruddin Nurdin mengungkapkan masih banyak ASN yang belum memiliki kapasitas dan kualitas yang baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya di setiap unit kerja. Jika dibiarkan, tentunya akan menggerus dan merusak kinerja organisasi dan pelayanan pemerintahan.

"Lewat pameran aksi perubahan, kita ingin meningkatkan kapasitas pembelajaran dan pelatihan kepemimpinan adminstrator (PKA). Kita akan terus konsisten mendorong kualitas sejumlah pamong praja di lingkup pemprov maupun kabupaten/kota," ujar Syahruddin Nurdin saat menutup PKA angkatan XIII kemarin.

Mantan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra ini mengapresiasi upaya yang dilakukan penyelenggara melalui pameran aksi perubahan. Peserta PKA dituntut untuk dapat memvisualisasikan aksi perubahan kinerja organisasi agar dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi pelaku-pelaku pembangunan dan menjadi motor pengerak perubahan bagi organisasi agar lebih profesional.

“Aksi perubahan yang digagas para reformer diharapkan tidak berhenti pada tujuan jangka pendek saja. tetapi lebih dipacu untuk mencapai tujuan jangka menengah dan jangka panjang sehingga memberikan outcome bagi perubahan dan kemajuan birokrasi di bidang tugas masing-masing,” pintanya.

Perubahan cara pandang dan perilaku ASN kata dia, akan benar-benar menjadi tumpuan keberhasilan sektor-sektor lainnya. Jika ASN berubah, perubahan ini akan mendorong kemajuan pada bidang-bidang pembangunan lainnya. Perubahan- perubahan itu dilakukan melalui reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi dipandang sebagai faktor pengungkit penting dalam pembangunan suatu bangsa. (c/kam)

  • Bagikan