Lembaga Adat Berperan Dukung Laju Pembangunan

  • Bagikan
EKSISTENSI BUDAYA: Suasana FAKN II yang dihelat di Marina Togo Mowondu, Pulau Wangi-Wangi dan turut dihadiri Bupati Wakatobi, H. Haliana (kedua dari kiri). (ASTY NOVALISTA/KENDARI POS)
EKSISTENSI BUDAYA: Suasana FAKN II yang dihelat di Marina Togo Mowondu, Pulau Wangi-Wangi dan turut dihadiri Bupati Wakatobi, H. Haliana (kedua dari kiri). (ASTY NOVALISTA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) II tahun 2023 baru saja dihelat di Kabupaten Wakatobi. Pada event tersebut, sejumlah raja serta utusan dari berbagai tempat di Nusantara datang dengan mengenakan pakaian kebesaran masing-masing. Kegiatan FAKN II ini diselenggarakan sejak tanggal 9 hingga Senin, 11 Desember, kemarin, di Marina Togo Mowondu, Pulau Wangi-Wangi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Wakatobi, H. Haliana, meminta agar para raja dan tokoh-tokoh adat, senantiasa mendoakan otiritanya. “Agar seluruh masyarakat sehat sejahtera, pemerintah diberi kekuatan, kemudahan serta kesuksesan dalam menjalankan tugas pengabdian dan membangun daerah tercinta,” ujar H. Haliana, kemarin.

Wakatobi-1 itu juga mengatakan, tidak bisa dimungkiri, lembaga adat sangat berperan penting dalam mendukung laju gerak agenda-agenda pembangunan daerah. Sehingga pelaksanaan event tersebut merupakan wujud keberpihakan Pemerintah Kabupaten dalam memerkuat eksistensi komunitas adat. “Serta menjaga, melestarikan, melindungi adat istiadat, seni dan warisan leluhur,” tambahnya.

Sementara itu, Sekjen DPP Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), Hj. Raden Ayu Yani Waye Sulistyowati Keoswodidjoyo, mengapresiasi Pemkab Wakatobi serta kerja keras kepanitiaan atas terselenggaranya FAKN tersebut. “Saya berharap agar keanekaragaman budaya leluhur Wakatobi terus dijaga untuk memberikan kontribusi positif pada daerah dan negara,” pintanya.

Untuk diketahui, pembukaan FAKN dimeriahkan barisan kirab budaya sepanjang puluhan kilometer. Berbagai unsur masyarakat Wakatobi serta perwakilan kerajaan di Sulawesi Tenggara juga hadir memeriahkan kegiatan tersebut. (c/thy)

  • Bagikan