Pemdes Diajak Kelola Potensi Wisata

  • Bagikan
KEMBANGKAN DESTINASI : Salah satu potensi wisata air terjun di Desa Matapila, Kecamatan Lasolo yang sedang dikembangkan oleh Pemdes setempat. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)
KEMBANGKAN DESTINASI : Salah satu potensi wisata air terjun di Desa Matapila, Kecamatan Lasolo yang sedang dikembangkan oleh Pemdes setempat. (HELMIN TOSUKI/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Utara (Konut) mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) untuk memanfaatkan potensi pariwisata yang ada di wilayah masing-masing. Sebab dengan hadirnya pariwisata di desa akan menumbuhkembangkan perekonomian warga.

Kepala Dinas Pariwisata Konut, Riyas Aritman, mengungkapkan, ada sejumlah desa yang memiliki destinasi menarik yang dapat dikembangkan serta dikelola langsung oleh Pemdes dan masyarakat.

“Pada dasarnya Dinas Pariwisata membuka ruang kepada desa-desa yang punya potensi. Bahkan bisa kita ajukan menjadi desa wisata. Perannya melalui kemandirian desa yang didorong melalui BUMDes. Dispar juga dapat memfasilitasinya,” ujar Riyas Aritman, Jumat (1/12).

Salah satu potensi pariwisata yang disebutkannya seperti di Desa Matapila, Kecamatan Lasolo. Yakni destinasi wisata air terjun yang dapat dikembangkan dengan potensi alamnya.

“Sesuai dengan RPJMD bupati yang telah tertuang dalam peraturan daerah, salah satunya adalah Segi Tiga Berlian meliputi Pantai Taipa, Air Panas Wawolesea dan Labengki hingga dengan wisata ikutan lainnya. Kalaupun ada wisata baru yang muncul, pemerintah akan mendukungnya,” sambung Riyas Aritman.

Baginya, kolaborasi antara Pemkab dan Pemdes dalam proses pengembangan wisata dapat dilaksanakan dengan mengangkat adat istiadat desa setempat, mengedepankan kearifan lokal. “Tetapi yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah aksesibilitasnya ke lokasi wisata. Itu yang terpenting,” pungkasnya. (c/min)

  • Bagikan