ASR Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

  • Bagikan
Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka Ketua Umum DPW PPP Sultra
Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka Ketua Umum DPW PPP Sultra

--Ketua PPP Sultra Pimpin TPD di Sultra

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Di pundak Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka kini tersemat tugas besar dan mulia. Ia harus bekerja memenangkan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024. Itu setelah Andi Sumangerukka yang karib disapa ASR memegang SK Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) yang diterbitkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud tertanggal 17 November 2023. ASR siap dan berkomitmen memenangkan duet Ganjar-Mahfud di Sultra dalam palagan Pilpres 2024.

Duet Ganjar-Mahfud di usung koalisi PDIP, PPP, Partai Perindo dan Partai Hanura. Ketua DPW PPP Sultra yang juga Ketua TPD Ganjar-Mahfud di Sultra, Andi Sumangerukka (ASR) mengucapkan terima kasih kepada TPN atas kepercayaan diamanahkan sebagai Ketua TPD di Sultra.

Purnawirawan jenderal TNI bintang 2 itu berkomitmen akan mengerahkan segala kemampuan untuk memenangkan Ganjar-Mahfud di Sultra. "Bersama dengan tim, kami akan bekerja keras demi mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan,” kata ASR kepada Kendari Pos, Senin (20/11/2023).

Dengan pemilih Sultra sekira 1,7 juta jiwa, kata dia, maka dibutuhkan akselerasi, kekompakan tim yang kuat dan sinergitas, sehingga bisa lebih mudah bergerak dan bekerja mengaktualisasikan program-program yang telah dicanangkan.

"Kemenangan Ganjar-Mahfud akan kita raih dengan persatuan dan kesatuan. Karena tak ada kemenangan tanpa kekuatan dan tak ada kekuatan tanpa persatuan dan kesatuan," tegas ASR.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD PDIP Sultra, Agus Sana'a mengaku PDIP Sultra sudah menerima SK penunjukkan ASR sebagai Ketua TPD Ganjar-Mahfud di Sultra. "Ini perintah pusat. Kami taat, patuh dan melaksanakan dengan baik," ujarnya kepada Kendari Pos, Senin (20/11/2023), kemarin.

Agus Sana'a mengatakan sebelum terbit SK penunjukkan ASR sebagai Ketua TPD Sultra, partai politik (parpol) di Sultra pengusung Ganjar-Mahfud menggelar pertemuan, membahas nama-nama yang akan didorong ke TPN untuk menjadi Ketua TPD Ganjar-Mahfud di Sultra. 2 nama yang mencuat yakni Ketua DPC PDIP Kota Kendari Ishak Ismail dan Ketua DPW PPP Sultra, Andi Sumangerukka (ASR).

"Nah, sejak awal Andi Sumangerukka memang sudah diusulkan. Jadi ketika saat ini telah terbit SK maka hal itu bagian dari proses pertemuan parpol koalisi beberapa waktu lalu," kata Agus Sana'a.

Ia menambahkan, komposisi TPD Ganjar-Mahfud di Sultra yakni Ketua TPD di tangan PPP (ASR), PDIP kebagian posisi Sekretaris TPD dan Partai Hanura dapat jatah posisi sebagai Bendahara TPD Ganjar-Mahfud di Sultra.

Terpisah, pengamat politik Sultra Dr.Muh Najib Husain, S.Sos.,M.Si mengatakan, posisi Ganjar yang saat ini menjadi salah satu kontestan Pilpres mempunyai kompetensi yang cukup kuat. Mengingat Prabowo pernah menang di Sultra pada Pilpres 2019, maka dibutuhkan sosok figur yang kuat untuk memperjuangan Ganjar-Mahfud meraih kemenangan. Atas dasar itu, sangat tepat ASR ditunjuk sebagai Ketua TPD Ganjar-Mahfud.

"Kendati jam terbang di ranah politik belum tinggi, namun figur ASR yang tegas dan militan dalam berjuang bisa saja mengantarkan paslon Ganjar-Mahfud menjadi juara meraih suara rakyat di Sultra," kata Dr.Muh Najib kepada Kendari Pos, Senin (20/11/2023).

Yang dibutuhkan dalam koalisi, kata dia, adalah keterwakilan setiap unsur. Nah, unsur PDIP sudah dominan, maka dibutuhkan figur dari parpol lain untuk menciptakan keseimbangan dalam tatanan koalisi. Karena jika koalisi Ganjar-Mahfud menunjuk Ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas sebagai Ketua TPD Ganjar-Mahfud, maka hal itu berpotensi menciptakan ketidakstabilan. Artinya parpol lain akan merasa tidak diberikan peran oleh partai pengusung utama. "Jadi dengan ditunjuknya ASR, sejatinya juga bagian dari strategi. Agar pola kekuatan politik berjalan kondusif dan matang," beber Dr.Muh Najib.

Dr.Muh Najib menguraikan, kendati demikian, ditunjuknya ASR sebagai Ketua TPD Ganjar-Mahfud di Sultra juga memiliki kekurangan. Pasalnya, sosok ASR belum teruji di kancah perpolitikan karena saat ini masih mulai maju di Pileg DPR RI melalui PPP dan juga digadang-gadang sebagai bakal calon Gubernur Sultra.

"Karenanya keputusan menjadikan ASR sebagai Ketua TPD Ganjar-Mahfud juga terkategori spekulatif yang dilakukan oleh TPN Ganjar-Mahfud," beber Dr.Muh Najib.

Dr.Muh Najib menambahkan, tantangan lainnya ditunjuknya ASR yakni apakah dia mampu menjadi perekat suara rakyat dan kelompok pendukung Ganjar-Mahfud, atau seperti apa. "Perihal ini sangat strategis untuk dinantikan," tandasnya.

Untuk diketahui, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD diusung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura dengan total suara sah sebanyak 39,26 juta (28,06 persen). (ali/b)

ASR Emban Misi Besar

ASR Ketua TPD Ganjar Mahfud
-Di pundak Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) tersemat tugas besar dan mulia
-Ia harus bekerja memenangkan capres cawapres, Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024
-Itu setelah ASR memegang SK Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) yang diterbitkan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud
-ASR siap dan berkomitmen memenangkan duet Ganjar-Mahfud di Sultra pada Pilpres 2024

Komitmen ASR
-Di pundak Mayjend TNI (Purn) Andi Sumangerukka (ASR) tersemat tugas besar dan mulia
-Ia harus bekerja memenangkan capres cawapres, Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024

Harus Kompak
-Pemilih di Sultra sekira 1,7 juta jiwa
-Dibutuhkan akselerasi, kekompakan kuat dan sinergisitas dalam TPD
-Tujuannya agar lebih mudah bergerak dan bekerja mengaktualisasikan program yang dicanangkan
-Bagi ASR, kemenangan Ganjar-Mahfud akan diraih dengan persatuan dan kesatuan
-Sebab, tak ada kemenangan tanpa kekuatan
-Begitu pula, tak ada kekuatan tanpa ersatuan dan kesatuan

PDIP Taat Instruksi TPN
-PDIP Sultra sudah menerima SK penunjukkan ASR sebagai Ketua TPD Ganjar-Mahfud
-Bagi PDIP Sultra, SK penunjukkan itu adalah perintah pusat (TPN)
-PDIP Sultra taat, patuh dan melaksanakan dengan baik tugas TPD memenangkan Ganjar-Mahfud
-Parpol pengusung Ganjar-Mahfud di Sultra mengusulkan 2 nama sebagai calon ketua TPD
-2 nama itu adalah
1.Ketua DPW PPP Sultra, Andi Sumangerukka (ASR)
2.Ketua DPC PDIP Kota Kendari, Ishak Ismail
-Ganjar-Mahfud memilih ASR sebagai Ketua TPD di Sultra
-Bagi PDIP, keputusan itu bagian dari proses pertemuan parpol koalisi

Komposisi TPD Sultra
-Ketua TPD di tangan PPP (ASR)
-Posisi Sekretaris TPD di tangan PDIP
-Partai Hanura dapat jatah sebagai Bendahara TPD

Koalisi Indonesia Maju
-Pasangan Ganjar-Mahfud MD diusung koalisi parpol
-Namanya Koalisi Indonesia Maju (KIM)
-Komposisi KIM yakni PDIP, PPP, Perindo dan Hanura
-Total suara sah sebanyak 39,26 juta (28,06 persen)

Pengamat Politik

1.ASR Figur Tepat
-Pengamat politik Sultra menilai figur ASR tepat menjadi Ketua TPD Ganjar-Mahfud
-Mengingat Prabowo pernah menang di Sultra pada Pilpres 2019
-Sehingga dibutuhkan sosok figur yang kuat seperti ASR untuk memenangkan Ganjar-Mahfud
-ASR yang tegas dan militan bisa saja mengantarkan Ganjar-Mahfud menang Pilpres 2024 di Sultra

2.Keterwakilan Unsur
-Dalam koalisi parpol dibutuhkan keterwakilan setiap unsur
-Karena PDIP sudah dominan, maka dibutuhkan figur dari parpol lain
-Tujuannya untuk menciptakan keseimbangan dalam tatanan koalisi
-Jika parpol koalisi menunjuk Ketua DPD PDIP Sultra sebagai Ketua TPD maka berpotensi menciptakan ketidakstabilan
-Sebab, parpol lain akan merasa tidak diberikan peran oleh parpol pengusung utama
-Penunjukkan ASR, adalah bagian dari strategi
-Agar pola kekuatan politik berjalan kondusif dan matang

  • Bagikan