Bangun Posko Karhutla, Padamkan Api di Wesalo

  • Bagikan
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan ILUSTRATOR : FAHRI ASMIN / KENDARI POS
Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan ILUSTRATOR : FAHRI ASMIN / KENDARI POS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) kian memaksimalkan pemantauan dan pemadaman titik api pada lokasi kebakaran di Desa Wesalo, Kecamatan Lalolae.

Kepala BPBD Koltim, Dewa Made Ratmawan, mengaku, pihaknya masih terus melakukan pemadaman api pada lokasi kebakaran yang terjadi sejak sepekan lalu tersebut.

“Karena masih ada titik api, maka pihak TRC tetap lakukan pemadaman. Kami memantau penuh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini. TRC dikerahkan dan bermalam di lokasi kebakaran tersebut. Kami bentuk Posko,” kata Dewa Made Ratmawan, Jumat (17/11).

Mantan Kabag ULP Setkab Koltim tersebut merinci, ada 24 personel TRC diturunkan untuk menjinakkan api. Diakuinya, pasokan air untuk menyiram lahan gambut yang terbakar cukup jauh, sehingga TRC mengalami kesulitan.

“Luas lahan yang terbakar sekitar 50 hektare. Kami sudah kirim personel dilengkapi satu unit mobil tangki dan alat penyedot air. Koordinasi dengan pihak Dinas Sosial dan instansi terkait juga terus kita bangun. Mudah-mudahan api bisa secepatnya padam menyeluruh,” tandas Dewa Made Ratmawan. (c/kus)

  • Bagikan