Ruksamin Tuntaskan Isu Nasional dari Desa

  • Bagikan
Bupati Konut Dr.Ruksamin (kiri) saat melantik 290 anggota BPD periode 2023-2029 di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Selasa (14/11/2023), kemarin. (HELMIN TOSUKI / KENDARI POS)
Bupati Konut Dr.Ruksamin (kiri) saat melantik 290 anggota BPD periode 2023-2029 di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Selasa (14/11/2023), kemarin. (HELMIN TOSUKI / KENDARI POS)

--Bupati Minta Pemdes dan BPD Tekan Stunting, Kemiskinan Ekstrem dan Inflasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Konawe Utara (Konut) Dr.Ruksamin menerima penghargaan dari Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis (9/11/2023) lalu. Penghargaan itu atas prestasi Bupati Dr.Ruksamin menangani stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem di daerahnya. Kendati sudah meraih prestasi nasional, Bupati Dr.Ruksamin tak berpuas diri.

Bupati Dr.Ruksamin terus bekerja menangani isu yang jadi atensi nasional dan Presiden RI yakni penurunan angka stunting, pengendalian inflasi dan kemiskinan ekstrem. Kali ini, Bupati Dr.Ruksamin bergerak dari desa dalam upaya menuntaskan isu nasional itu.

Bupati Dr.Ruksamin melibatkan pemerintah desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Konut. Bupati Konut 2 periode itu menegaskan kepala desa dan anggota BPD harus berperan dalam menyelesaikan masalah di desanya, terutama mengatasi persoalan yang dihadapi bangsa saat ini, yakni kemiskinan ekstrem, stunting dan inflasi.

“Kita ditargetkan penghapusan kemiskinan ekstrem hingga nol persen (0%) pada tahun 2024. Hal ini bukan pekerjaan mudah namun karena ini sudah tugas kita, maka harus ditunaikan. Kita harus semua, baik pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, BPD dan OPD harus bekerja keras,” ujar Bupati Dr.Ruksamin dalam amanatnya saat melantik 290 anggota BPD periode 2023-2029 di Aula Anawai Ngguluri Kantor Bupati Konut, Selasa (14/11/2023), kemarin.

Bupati Dr.Ruksamin menegaskan komitmennya bersama pemerintah desa dan BPD se-Kabupaten Konut untuk berikhtiar mempertahankan prestasi nasional yang telah diraih.

“Keberhasilan yang telah kita raih selama ini harus mampu kita pertahankan sebagai komitmen bersama untuk mengatasi permasalahan bangsa dan daerah kita di Bumi Oheo (Konawe Utara) dalam bingkai visi misi Konasara,” tegas Bupati Dr.Ruksamin dalam pelantikan BPD yang dihadiri Wakil Bupati Konut Abuhaera, Ketua DPRD Konut, Ikbar, Forkopimda Konut dan pimpinan OPD.

Oleh karena itu, Bupati Dr.Ruksamin meminta pemdes dan BPD bersinergi dalam akselerasi penurunan angka stunting, kemiskinan ekstrem dan inflasi daerah. “Selamat bagi anggota BPD yang sudah dilantik. Silakan bersinergi dengan pemerintah desa untuk kemajuan desa. BPD harus mampu menjawab seluruh aspirasi rakyat dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa,” perintah Bupati Dr.Ruksamin.

Dalam pelantikan anggota 290 anggota BPD hasil pemilihan dari 58 desa di Kabupaten Konut itu, Bupati Dr.Ruksamin meyakini kesejahteraan anggota BPD akan meningkat seiring meningkatnya APBDes yang bersumber dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD). Sebab, 2 item anggaran itu semakin bertambah setiap tahun.

“Untuk itu, saya harap anggota BPD yang dilantik harus bersinergi dengan pemerintah desanya, sehingga melahirkan kebijakan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam mengatasi setiap permasalahan,” tutur Bupati Dr.Ruksamin.

Mantan Ketua DPRD Konut itu menambahkan Dinas PMD Konut telah menganggarkan pengadaan pakaian seragam anggota BPD, setelah kesejahteraannya disetarakan. Sehingga diharapkan BPD dapat bekerja sesuai tugas dan tanggung jawab yang diemban. “Untuk meningkatkan kedispilinan anggota BPD, saya minta BPD harus ada apelnya supaya silaturahmi tetap terjalin,tutup Bupati Dr.Ruksamin. (min/b)

  • Bagikan