GPM Jaga Stabilitas Harga

  • Bagikan
Meri Santi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Ketahanan Pangan, terus berupaya menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran yang saat ini mengalami tren kenaikan. Salah satu langkahnya dengan menggelar pasar murah pada beberapa desa dan kecamatan yang tersebar di Bumi Pulau Kelapa tersebut.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahan Pangan Konkep, Meri Santi, mengatakan, Gerakan Pangan Murah (GPM) merupakan program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang gencar digelar pada sejumlah titik di Indonesia, termasuk Konkep. Di Konkep, Pemkab menggandeng Bulog dan distributor pangan untuk menyukseskan kegiatan GPM tersebut.

“Ini menjadi salah satu langkah pemerintah dalam menjawab permasalahan kekeringan yang mengakibatkan naiknya harga-harga kebutuhan pokok, seperti beras dan lain-lain. Sehingga dengan hadirnya GPM ini akses masyarakat dalam memperoleh pangan dengan harga terjangkau bisa terjadi,” ujar Meri Santi, Selasa (14/11).

Ia mengungkapkan, kegiatan GPM akan dilaksanakan pada tujuh kecamatan yang ada, secara bertahap.

“Alhamdulillah kegiatan GPM ini sudah dilaksanakan dibeberapa kecamatan dan desa. Masyarakat sangat antusias dan mengapresiasi adanya pasar murah ini. Sebab ada perbedaan harga,” sambungnya.

Ia menjelaskan, dalam GPM ini komoditas yang diperjualbelikan merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Mulai dari beras, minyak goreng, gula, bawang merah serta bawang putih. “Langkah ini juga menjadi ikhtiar Pemkab Konkep dalam mendorong terwujudnya pengendalian inflasi pangan di daerah,” tandas Meri Santi. (c/jib)

  • Bagikan